KPU Kota Kediri– Pemilihan serentak 9 Desember 2020 adalah role model pemilihan percontohan. Demikian dikatakan oleh ketua KPU Arief Budiman dalam sambutan pembukaan acara “Penyerahan Data Pemilih Pemula Tambahan dan Launching Pemilu Serentak Tahun 2020”, bertempat di gedung KPU RI mulai pukul 10.00 s/d 11.30 WIB, Kamis (18/6) dan disiarkan secara Daring ke KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia.    

Lebih lanjut Arief menjelaskan setidaknya ada dua hal kenapa pemilihan serentak tahun 2020 ini dianggap sebagai role model pemilihan percontohan, karena pelaksanaan pemilihan serentak berada dalam masa pandemi Covid 19.

Pertama, jika pemilihan serentak Gubenur dan Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota berjalan dengan baik dan lancar maka ini akan menjadi pondasi bagi pelaksanaan pemilihan-pemilihan yang akan datang apabila terjadi kondisi yang sama, bencana non alam seperti saat ini.

Kedua, kalapun pemilihan serentak tahun 2020 ini berjalan kurang baik, tidak maksimal maka kedepan, penyelenggaraan-penyelenggaraan pemilu selanjutnya bisa melakukan evaluasi atas apa yang sudah dilakukan oleh KPU sekarang ini. “inilah role modelnya”. Papar Arief dengan penuh keyakinan.

Acara “Penyerahan Data Pemilih Pemula Tambahan dan Launching Pemilu Serentak Tahun 2020”, dihadiri oleh Depdagri, BAWALU RI, DKPP, Dinkes, BNPB juga disiarkan melalui media online Facebook dan disaksikan oleh KPU Kota Kabupaten seluruh Indonesia termasuk tidak ketinggalan Nasrudin, KPU Kota Kediri Devisi Perencanaan, Data dan Informasi. Nasr