KPU Kota Kediri – Menindaklanjuti Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Sistem Kerja Dalam Tatanan Normal Baru Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi/Komisi Independen Pemilihan Aceh, Komisi Pemilihan Umum/ Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota, mulai hari ini (selasa, 23/6) KPU Kota Kediri menerapkan Standar operating Prosedur (SOP) pencegahan dan penanganan COVID-19 guna memastikan bahwa pegawai yang melaksanakan work from office dalam kondisi sehat. SOP tersebut meliputi prosedur pegawai memasuki lingkungan kantor, pelayanan tamu/publik dan kunjungan ke rumah pintar pemilu , aktifitas di tempat kerja, penggunaan musholla kantor, dan pengelolaan kantin kantor.

Terkait dengan prosedur masuk kantor, semua pegawai diwajibkan mengisi self assesement sehari sebelumnya secara online serta memakai masker saat berangkat kerja. Saat masuk lingkungan kantor, semua pegawai harus melewati pintu utama, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dan memeriksa suhu tubuh. “Pegawai yang suhu tubuhnya kurang dari 37, 3 derajad celcius kita persilahkan untuk masuk kantor dan beraktivitas seperti biasa tetapi bila suhu tubuhnya diatas 37,3 derajad celcius kita minta istirahat lima menit untuk di cek suhu badannya lagi. Kalau tetap diatas 37,3 derajad, maka Kita investigasi lebih mendalam untuk nantinya diputuskan apakah harus work from home atau tetap work from office dengan pengawasan komite Kesehatan” ungkap Suroto sekretaris KPU Kota Kediri.

Selanjutnya KPU Kota Kediri juga juga menghimbau kepada semua pegawai untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan serta membersihkan meja kerja dengan desinfectan sebelum menggunakannya serta menjaga sirkulasi udara dan sinar matahari. Selain itu diharapkan kepada semua pegawai untuk mengkonsumsi vitamin c guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Terkait dengan Tamu yang berkunjung ke Kantor KPU Kota Kediri, Suroto menjelaskan bahwasannya KPU Kota Kediri menerapkan protokol pencegahan covid-19 dengan memeriksa suhu tubuh tamu dan membatasi akses tamu sesuai dengan kebutuhan. Tamu juga diminta mengisi self assesement yang telah disediakan untuk mencermati kondisi tamu. Bila dirasa tamu tersebut beresiko besar terpapar covid-19 maka dipersilahkan untuk datang dilain waktu. Walaupun demikian KPU Kota Kediri tetap melayani tamu terutama yang berkepentingan terhadap informasi dan data kepemiluan, KPU Kota Kediri menyediakan layanan online untuk permohonan data dan informasi melalui https://kedirikotappid.kpu.go.id/ PPID online. Masyarakat yang membutuhkan data dan informasi kepemiluan tidak harus datang ke Kantor KPU Kota Kediri tetapi cukup mengajukan permohonan secara online. yud