KPU Kota Kediri – Tiga jabatan struktural di KPU Kota Kediri dimungkinkan berubah menjadi jabatan fungsional. Hal ini disampaikan oleh suroto, sekretaris KPU Kota Kediri pasca mengikuti Rapat Koodinasi Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional di lingkungan sekretariat KPU Provinsi dan sekretariat KPU Kab/Kota yanh diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur (Senin,29/7).

Penyetaraan jabatan administrasi kedalam jabatan fungsional merupakan program nasional yang pasti dilaksanakan sebagaimana yang telah diamanatkan di Peraturan MENPAN & RB Nomor 28 Tahun 2020.

Ketua KPU Provinsi Jatim Choirul Anam saat memberikan arahan dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Kegiatan rakor ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari Surat Sekjen KPU Nomor 583/SD-05.5-SD/05/SJ/VI/2020 dimana sekretariat KPU Provinsi dan sekretariat KPU Kab/Kota diinstruksikan untuk melakukan pemetaan jabatan administrasi yang akan disetarakan kedalam jabatan fungsional. Karena tanggal 30 Juni 2020 besuk merupakan batas akhir dalam proses pengajuan ke KPU RI, maka seluruh sekretaris Kab/Kota se Jatim dihadirkan dalam rakor ini untuk menyelesaikan hari ini juga. Selanjutnya Ketua KPU berharap agar KPU Provinsi mengawal dan mencermati proses usulan ini. “Hari ini harus tuntas, jangan sampai ada tertinggal dan tidak mengusulkan” pesan Choirul Anam.

Terkait dengan jabatan struktural yang diusulkan menjadi fungsional, suroto menjelaskan bahwa Pejabat Administrasi yang diusulkan dalam penyetaraan jabatan sebanyak 3 pejabat struktural Eselon IV dari 4 jabatan struktural yang ada, yaitu :

  1. Kasubag Hukum diusulkan menjadi Penata Kelola Pemilu Ahli Muda.
  2. Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas menjadi Penata Kelola Pemilu Ahli Muda.
  3. Kasubag Program dan Data diusulkan menjadi Perencana Ahli Muda.

Sedangkan Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik, tidak diajukan dalam pengusulan penyetaraan jabatan fungsional dan posisinya tetap dijabatan struktural Eselon IV.

Selanjutnya suroto berharap usulan perubahan jabatan struktural menjadi fungsional tersebut bisa berhasil. “Bila berubah fungsional, secara otomatis tupoksinya makin jelas dan harapannya kedepan kinerjanya bisa lebih meningkat” tambah suroto. srt