KPU Kota Kediri – KPU Kota Kediri menghapus 16 pemilih dari Daftar Pemilih. Hal ini diputuskan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan Bulan Juni 2020 (Selasa, 30/6) di Ruang rapat KPU Kota Kediri. Penghapusan 16 pemilih tersebut berdasarkan masukan masyarakat kepada KPU Kota Kediri yang menyatakan bahwa pemilih tersebut telah meninggal dunia.

Komisioner KPU Kota Kediri yang membidangi data pemilih (Nasruddin) menyampaikan bahwa KPU Kota Kediri walaupun tidak melaksanakan tahapan pemilu selalu mengupdate data pemilih dengan melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sesuai dengan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor : 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tanggal 28 Februari 2020 perihal Pemutakhiran DataPemilih Berkelanjutan Tahun 2020 bagi daerah yang tidak melaksanakan pemilihan. “Kita (KPU Kota Kediri) selalu mengupdate data pemilih dam melaksanakan pleno rekapitulasi diakhir bulan. Untuk Bulan Juni 2020, kita mendapat masukan dari masyarakat terkait orang yang meninggal dunia sejumlah 16 orang yang tersebar di kecamatan pesantren sejumlah 3 orang dan Kecamatan Mojoroto sejumlah 13 orang” kata Nasrudin.

Ditambahkan oleh Nasrudin, terkait pelaksannaan Pemutakhiran data pemilih dilakukan oleh KPU dengan berbagai macam cara diantaranya menerima masukan dari masyarakat serta koordinasi dengan pihak terkait terutama dinas kependudukan Kota Kediri. “Kami Juga berharap kepada seluruh masyarakat Kota Kediri untuk berkenan memberikan masukan terkait dengan sirkulasi penduduk seperti warga yang meninggal dunia, pindah domisili atau perubahan status dari TNI/POLRI menjadi masyarakat sipil. Data Tersebut akan Kita Analisa dan disandingkan dengan data dari dinas kependudukan untuk selanjutkan digunakan untuk memperbaiki data pemilih di Kota Kediri”.

Sesuai dengan berita acara Rapat pleno Nomor : 40/PK.01-BA/02/KPU-Kot/VI/2020 tertanggal 30 Juni 2020, KPU Kota Kediri menetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 periode bulan Juni dengan jumlah pemilih sebanyak 204.836 (Dua Ratus Empat Ribu Delapan Ratus Tiga Puluh Enam) dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 100.448
(Seratus Ribu Empat Ratus Empat Puluh Delapan) pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 104.388 (Seratus Empat Ribu Tiga Ratus Delapan Puluh Delapan) pemilih, tersebar di 3 (tiga) kecamatan. Jumlah tersebut berkurang sebanyak 16 pemilih dari penetapan pada akhir bulan Mei 2020 yang berjumlah 204.852 pemilih. Adk