KPU Kota Kediri – Senin (6/7) bertempat di ruang KPU, Ketua Bawaslu Kota Kediri, Mansur menyambangi KPU Kota Kediri dalam rangka komparasi data pemilih berkelanjutan tahun 2020. Dalam pangantarnya Mansur menyatakan keinginannya agar dilakukan komparasi data pemilih hasil pemutahiran yang dilakukan oleh kedua instansi (KPU & Bawaslu) penyelenggara Pemilu ini agar data yang didapat akurat dan akuntable.

Mansur menuturkan, Bawaslu selaku badan pengawas pemilu mempunyai tugas untuk mengawasi seluruh proses pemilu termasuk didalamnya terkait dengan pemutahiran data pemilih berkelanjutan sebagaimana diamanatkan oleh SE No: 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tentang Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020, dan diperkuat dengan SE No. 304/PL.02.01-SD/01/KPU/IV/2020 tentang Pelaksanaan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan Work From Home.

Bawaslu juga melakukan uji sampling data pemilih dengan menerjunkan kesekertariatan Bawaslu guna berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka mendapatkan data pemilih pembanding. “Data-data ini yang ingin kita komparasikan”. Tutut ketua Bawslu ini.

Menyambut kedatangan ketua Bawaslu, Ketua KPU Kota Kediri Pusporini beserta anggota komisioner lain menyatakan sangat menyambut baik usulan Ketua Bawaslu ini. Hal ini tidak lain agar data pemilih berkelanjutan tahun 2020 yang selama ini digalakkan oleh KPU Kota Kediri bisa terjamin keabsahan dan keakuratannya.

Lebih lanjut, Nasrudin selaku Devisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan bahwa selama tahun 2020 ini KPU Kota Kediri sudah melakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan secara kontinu. Di bulan Juni 2020 KPU Kota Kediri mengupdate data pemilih dengan menghapus (TMS) 16 pemilih dari Daftar Pemilih karena yang bersangkutan meninggal dunia dengan rincian 3 orang di kecamatan pesantren dan 13 orang di Kecamatan Mojoroto.

Dengan demikian rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode Juni 2020 dengan jumlah pemilih sebanyak 204.836. Dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 100.448 pemilih dan perempuan berjumlah 104.388 pemilih, tersebar di 3 (tiga) kecamatan. Nasr