KPU Kota Kediri – Satgas SPIP KPU Kota Kediri dibawah yang diketuai Henny Nurdyani (Kasubbag hukum) menggelar rapat koordinasi dalam rangka menyusun laporan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP) triwulan ke-2 tahun 2020. Digelar di ruang rapat KPU Kota Kediri, rapat tersebut dihadiri oleh Komisioner, sekretaris dan seluruh anggota Satgas SPIP (Jum’at, 10/7).

Ketua Satgas SPIP KPU Kota Kediri (Henny Nurdiani) mengatakan bahwa satgas mempunyai kewajiban untuk melaporkan pelaksanaan SPIP ke KPU Provinsi Jawa Timur tiap triwulan. “Untuk pelaksanaan bulan April, Mei dan Juni atau truwulan kedua dilaporkan minggu kedua bulan Juli”. Terkait dengan isi laporan, Henny menjelaskan terdapat beberapa komponen laporan diantaranya adalah Kartu Kendali Satgas SPIP yang terdiri dari 7 kartu yaitu : Kepegawaian, Keuangan Negara dan Hibah, Pengadaan, Persediaan dan Asset BMN, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Perjalanan dinas dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh Badan Pemeriksaan Keuangan.

Selain kartu kendali, laporan tersebut juga dilengkapi dengan kendala atau hambatan serta Langkah kedepan yang dilakukan oleh Satgas dalam rangka mengatasi kendala atau hambatan tersebut. “Untuk KPU Kota Kediri memang sampai saat ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan standar operating prosedur yang ada, sehingga SPIP dapat berjalan dengan baik” ungkap Henny.

Pasca tersusunnnya laporan SPIP triwulan ke-2 tersebut, ketua KPU Kota Kediri (Pusporini Endah Palupi) berharap kepada ketua Satgas untuk secepatnya mengirimkan laporan tersebut ke KPU Provinsi Jawa Timur sehingga pelaporan tidak terlambat. Yud