KPU Kota Kediri- KPU Kota Kediri- KPU Kota Kediri kembali menggelar rapat pemutakhiran data pemilih berkelanjutan hari ini (15/7) di ruang RPP Kilisuci. Diikuti oleh Komisioner, sekretaris, Kasubag dan staf yang membidangi data pemilih, rapat tersebut sebagai tindak lanjut dari SE nomor 550/PL.02.1-SD/01/KPU/VII/2020 tentang Rapat Pleno dan Permintaan Data Pemilih Hasil Pemutakhiran Data Berkelanjutan Tahun 2020 dan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor : 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020.

Sesuai dengan surat KPU RI tersebut terdapat 5 hal penting yang dapat dilaksanakan yaitu membuat inovasi aplikasi android berbasis sistem data pemilih KPU, mengumumkan rekapitulasi jumlah data pemilih setiap bulan, Koordinasi dengan pihak terkait serta melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan.

Terkait dengan hal tersebut, KPU Kota Kediri selama telah melaksanakan koordinasi dengan dispenduk capil dan Bawaslu serta memaksimalkan SDM di KPU Kota Kediri dalam Pemutakhiran Data Pemilih guna melaksanakan pembaharuan dalam hal data pemilih pemula, data penduduk usia 17 th yang sudah menikah, data penduduk yang meninggal dunia, data penduduk yang masuk dan keluar kota Kediri serta TNI/POLRI yang telah purna tugas. “Setelah terobosan yang kemaren telah kita lakukan yaitu mengerahkan sekretariat dan komisioner untuk melacak data penduduk yang ada di sekitar rumah tempat tinggal, itu saja tidak cukup. karena hanya sebagian kecil pembaharuan data pemilih yang kita dapat yaitu warga yang meninggal dunia saja. sedangkan untuk komponen pembaharuan data pemilih yang lain kita perlu melakukan koordinasi kembali dengan dinas/instansi lain yang membidangi.” papar Nasrudin Komisioner KPU Kota Kediri divisi Data dan Informasi.

Senada dengan Nasrudim, Pusporini Endah Palupi Ketua KPU Kota Kediri juga mengharapkan bahwa koordinasi dengan dinas/instansi terkait dilakukan sesegera mungkin mengingat pentingnya Data Pemilih yang benar benar valid dan termutakhirkan secara terus menerus. KPU Kota Kediri berupaya sekuat tenaga untuk dapat mewujudkan Data Pemilih yang valid dengan merangkul seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dalam proses pemutakhiran data ini. “Masyarakat bisa melaporkan langsung kepada KPU Kota Kediri apabila link website”

Rapat yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut merumuskan beberapa langkah inovasi yang akan dilakukan oleh KPU Kota Kediri diantaranya koordinasi dengan TNI/POLRI, Kominfo serta pihak terkait guna menghimpun data sirkulasi penduduk serta perubahan status. Selain itu KPU Kota Kediri akan membuat aplikasi sederhana untuk mempermudah masyarakat mengecek keberadaannya dalam data pemilih. adk