KPU Kota Kediri – Pelaksanaan Reviu Laporan Keuangan setiap Semester oleh Inspektorat KPU RI merupakan kegiatan rutin dalam rangka peningkatan kualitas dalam pengelolaan  keuangan. Perwujudan dari kualitas pengelolaan yang terlaksana dengan baik yaitu adanya akurasi atas pelaporan keuangan tersaji dengan benar dan tertib sebagaimana yang telah diatur dalam PMK No. 222/PMK.05/2016. Demikian ungkap Doni Irvani (Pengendali Teknis Inspektorat KPU RI)  saat memberikan pengarahan melalui daring di acara Pembahasan Hasil Reviu atas Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 (24/7/2020) yang diikuti oleh Sekretaris Kab/Kota se Jatim, Bendahara, Operator SAIBA dan Operator SIMAK.

Kegiatan Reviu Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 ini, tidak bisa dilakukan dengan tatap muka sebagaimana tahun tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan  pandemi covid 19. Oleh karenanya proses reviu keuangan oleh Inspektorat KPU RI dilakukan secara virtual dengan mengirimkan softfile permintaan data inspektorat melalui email.

Kemudian lebih lanjut Doni  Irvani berpesan, terutama Kab/Kota yg menyelenggarakan Pemilihan tentu akan mengelola anggaran hibah yang cukup besar. ” Kepada teman2 yang mengelola keuangan agar  lebih cermat dalam mengelola anggaran, baik mulai dari sisi perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan pertanggungjawaban keuangan. 19 Kab/Kota di provinsi Jatim yang menyelenggarakan Pemilihan, saat ini tentu sedang berlangsung rangkaian tahapan pemilihan, namun disisi lain teman2 juga harus mengelola keuangan dengan tertib,” ujar beliau. Mengakhiri arahan atas Hasil Reviu Laporan Keuangan,  Doni Irvani berpesan agar dalam mengelola keuangan dilakukan secara cermat dan tertib. Pelaporan keuangan disajikan dengan bukti atau kelengkapan data dukung yang memadai, sehingga laporan keuangan tahunan  tahun 2020 nanti terlaksana dengan baik. Dif