KPU Kota Kediri– Kegiatan Pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh KPU sebagaimana yang diamanatkan Pasal 14 huruf (1) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini bertujuan untuk memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.
Proses kegiatan Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini tetap dilaksanakan dan berlaku baik bagi daerah yang saat ini menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020 maupaun bagi daerah tidak menyelenggarakan pemilihan, hal ini sesuai perintah surat KPU RI nomor : 118/PL.02.1-SD/01/KPU/ll/2020.

Selanjutnya guna mengefektifkan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut, hari ini Selasa (11/8/2020) KPU Kota Kediri telah menyampaikan surat ke Pemerintah Kota Kediri nomor 63/PL.01.2-SD/3571/KPU-Kot/VIII/2020 yang isinya mengenai pemberitahuan dan permohonan ijin bahwa secara berkala KPU Kota Kediri akan melakukan koordinasi dengan dinas/instansi yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil serta lembaga yang menangani sirkulasi kepedudukan di Kota Kediri dalam hal ini Dispendukcapil , Kelurahan se Kota Kediri dan Dinas Sosial terkait data penduduk yang meninggal yang mendapatkan satunan kematian. Harapannyan dengan koordinasi yang baik ini validasi data pemilih akan semakin meningkat. ish