KPU Kota Kediri– KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota penyelenggara pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 yang hanay menerima 1 (satu) bakal pasangan calon saat pendaftaran (4-6/9) kemaren, akan membuka lagi perpanjangan pendaftaran pada 10-12 september 2020. Hal ini sesuai dengan PKPU 3 Tahun 2017 yang diubah beberapa kali terakhir PKPU 9 Tahun 2020 serta PKPU 6 Tahun 2020 sebagaiman dirubah dalam PKPU 10 Tahun 2020 serta PKPU 14 Tahun 2015 sebagaiman dirubah dengan PKPU 13 Tahun 2018 yang mengatur tentang penundaan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan tahun 2020 apabila tidak terdapat atau hanya tersapat 1 (satu) bakal pasangan calon yang mendaftar pada masa pendaftaran maka KPU provinsi atau kabupaten kota penyelenggara pemilihan melakukan penundaan tahapan dan melakukan sosialisasi pemilihan selama 3 hari pasca penundaan serta memperpanjang pendaftaran selama 3 hari pasca sosialisasi. Melihat PKPU tersebut, maka hari ini (9/9) adalah hari terakhir sosialisasi dan 3 hari kedepan (10,11,12/9) dibuka Kembali pendaftaran pasangan calon kepala daerah.

Dalam masa perpanjangan pendaftaran, Bakal Pasangan calon yang telah diterima pendaftarannya dan dinyatakan memenuhi syarat, dapat mendaftar kembali dengan komposisi gabungan partai politik yang berbeda apabila pada masa pendaftaran sebelumnya terdapat partai politik yang belum mendaftar jika perolehan kursi atau suara sah partai yang belum mendaftar digabungkan tidak mencukupi untuk mendaftarkan bakal pasangan calon. Tetapi apabila di masa pendaftaran sebelumnya, partai yang belum mendaftarkan bakal pasangan calon bila digabung, jumlah perolehan kursi atau suara sahnya mencukupi untuk mendaftarkan bakal pasangan calon, maka pada masa perpanjangan pendaftaran, komposisi partai politik pengusul di masa pendaftaran pertama tidak dapat dirubah.

Perlu diketahui bahwa pasa masa pendaftaran (4-6/9) terdapat 28 daerah dari 270 daerah yang menyelenggarakan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020, sedangkan di Jawa Timur terdapat 2 daerah yang hanya menerima pendaftaran 1 pasangan bakal calon yakni Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Kediri. Ars

Penjelasan penundaan dan perpanjangan pendaftaran dapat di download di sini