KPU Kota Kediri – KPU Kota Kediri melalui komisioner divisi Teknis penyelenggaraan (Niasari) menghadiri seminar nasional bertemakan Mengkaji peran perempuan dan dukungan media untuk meningkatkan  parmas dalam pemilihan serentak 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kediri di  Hotel Surya Kediri (jumat, 8/10).

Dian Faricha dosen IAIN TULUNGAGUNG yang juga aktivis perempuan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kita semua memiliki kewajiban untuk menggugah kesadaran perempuan dalam pesta demokrasi agar memiliki partisipasi aktif. ” Partisipasi aktif yg dimaksud adalah memilih secara sadar datang ke TPS, memberikan suaranya dan terus mengawal pilihannya menjalankan janji politiknya,” terang Dian.

Dilain pihak Nuning Rodhiyah komisioner KPI RI menyampaikan terkait peran media dalam mengawal partisipasi masyarakat khususnya perempuan dalam pendidikan politik. ” Banyak tantangan dalam pemilihan serentak 2020 ini, selain pemilihan di tengah pandemi, berita hoaks dan peretasan akun penyelenggara juga menjadi permasalahan tersendiri. Untuk mengcounter persebaran berita hoaks yang disebarkan oleh oknum oknum tidak bertanggungjawab, KPU bermitra dengan media, ormas, organisasi kemahasiswaan, tokoh tokoh masyarakat,” jelas Nuning.

Sebagai perwakilan dari KPU Kota Kediri, Niasari berharap Pemilihan serentak 2020 dapat berjalan dengan lancar dan partisipasi masyarakat yang tinggi. Ns