KPU Kota Kediri– Acara Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan SiRekap di Tingkat TPS Pemilihan Serentak 2020 yang dilaksanakan hari ini Sabtu, 31 Oktober 2020 di halaman Kantor KPU Kabupaten Kediri ini dihadiri oleh Ketua KPU RI Arif Budiman, Ketua dan anggota KPU Propinsi Jawa Timur, KPU Propinsi Yogyakarta dan KPU Propinsi Jawa Barat. Untuk KPU Kota Kediri turut hadir Komisioner dan Sekretaris KPU Kota Kediri.

Pada sambutannya Arif Budiman menyampaikan bahwa dikarenakan kondisi pandemi covid 19, ada banyak hal baru pada pelaksanaaan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan 2020 ini, baik bagi penyelenggara maupun pemilih. Diantaranya adalah kewajiban menggunakan masker dan mencuci tangan. “Saya harap hal baru dalam pemilihan 2020 ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat. Baik melalui media sosial yang kita punya, ig, facebook, youtube. KPU Kabupaten /Kota yang tidak melaksanakan Pemilihan juga turut membantu menyebarluaskan, simulasi nasional ini silakan di share sebanyak banyaknya sehingga masyarakat tahu dan tidak ragu untuk datang ke TPS,” jelasnya. Kemuadian Arif Budiman melanjutkan penjelasannya mengenai penggunaan SIREKAP di tingkat TPS. “Tujuannya adalah membuat pemilu kita makin efektif dan efisien, murah dan ramah lingkungan (tdk pakai banyak kertas). Salinan yg dibuat begitu banyak pada pemilu 2019, sdh tdk perlu dilakukan lagi, Dalam penggunaan SIREKAP secara teknis KPPS cukup mengcapture Plano C1 untuk melakukan rekapitulasi. Sekali kirim akan tersebar ke banyak tempat kecamatan dan kab kota. Siapa saja bisa melihat sehingga asas akuntabilitas dan transparan tercapai ” imbuh Arif Budiman.

Untuk diketahui Simulasi nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan 2020 ini juga ditayangkan secara live di chanel Youtube KPU Kabupaten Kediri (lihat disini). Ns