KPU Kota Kediri – KPU Goes To Campus merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kota Kediri dalam rangka sosialisasi pendidikan pemilih pemula terutama kalangan mahasiswa. Seperti hari ini , Rabu (4/11) KPU Kota Kediri melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih di Kampus Universitas Kadiri dengan tema Menjadi Pemilih Muda Cerdas di era milenial.

Sambutan dari KPU Kota Kediri diwakili oleh Moch Wahyudi divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas. Wahyudi dalam sambutannya selain memperkenalkan anggota KPU Kota Kediri yang hadir juga menyampaikan tujuan terselenggaranya acara KPU Goes To Campus adalah untuk meningkatkan mutu pemilu/ pemilihan yang akan datang. “Dengan adanya sosialisasi kepada pemilih pemula ini diharapkan memberikan dampak pada peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilihan yang akan datang,” terangnya.Tak lupa Wahyudi mempersilahkan Mahasiswa Universitas Kadiri untuk berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Kilisuci, “ Silakan berkunjung ke RPP Kilisuci, disana tersedia banyak informasi hasil pemilu/pemilihan yang diselenggarakan oleh KPU Kota Kediri, kalau mau diskusi juga boleh, silakan saja,” tambahnya kemudian.

Narasumber berasal dari KPU Kota Kediri adalah Pusporini Endah Palupi (Ketua KPU Kota Kediri) dan Kustanto, SH, MS (Wakil Rektor III Universitas Kadiri) . Pusporini dalam pemaparannya menyampaikan tentang berbagai tipe pemilih pemula, dan berharap Pemilih pemula seperti mahasiswa bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar. “ Mahasiswa sebagai kelompok pemilih pemula harus benar benar tahu kualitas calon pemimpin yang dipilihnya, pelajari betul mengenai rekam jejaknya,” terang Pusporini. Selain itu pada sesi tanya jawab Pusporini juga menjelaskan pelaksanaan Pemilihan serentak 2020 yang mengikuti protokol kesehatan pencegahan Senada dengan yang disampaikan Pusporini, narasumber kedua yaitu Kustanto SH, MS juga menyampaikan menegenai pentingnya mengenali calon pemimpin yang akan dipilih. “Kekuasaan ibarat gula yang manis, semua orang ingin memperebutkannya dengan berbagai cara. Kita sebagai pemilih, terutama pemilih pemula ini (mahasiswa) harus cerdas mencermati calon yang kan dipilih. Sepak terjangnya kita perlu tahu sehingga tidak asal pilih. Apalagi saat ini mencari informasi sangatlah gampang, banyak beredar di media. Tapi jangan sampai pula mahasiswa termakan isu hoaks, harus dipilih pilih betul,” papar Kustanto.

KPU goes to campus Universitas Kadiri ini dilaksanakan selain secara tatap muka juga ditayangkan live di chanel youtube KPU Kota Kediri. Link youtube : https://youtu.be/m-xbfbirYW0. nhi