KPU Kota Kediri – Selain melakukan observasi mengenai proses pemungutan suara di TPS, KPU Kota Kediri juga melakukan pengamatan langsung tentang penggunaan SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) di tingkat TPS pada hari ini Rabu (9/12).

tampilan Aplikasi Sirekap Mobile di TPS 13 desa Doko Kecamatan Ngasem Kab. Kediri

“Penggunaan Aplikasi SIREKAP saya lihat lancar tanpa kendala,” ungkap Nia Sari (divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Kediri). SIREKAP berbeda dengan SITUNG, Jika pada Situng pemindaian terhadap Form C1 Salinan dilakukan di KPU Kabupaten/Kota dengan scanner, pada Sirekap, pemindaian dengan aplikasi Sirekap dilakukan terhadap Form Hasil C KWK oleh KPPS di TPS. Tentu hal tersebut sangat membantu kinerja KPPS sehingga tidak terlalu banyak membuat salinan Rekapitulasi. “Kalau melihat kondisi geografis Kabupaten Kediri yang sangat luas, dengan adanya SIREKAP Mobile yang basisnya ada online dan offline, kendala seperti jaringan internet dapat teratasi,” sambung Nia Sari.

Penulisan hasil Penghitungan Suara pada Form C-KWK Plano

Dengan adanya SIREKAP hingga tingkat TPS ini tentu transparansi dari penghitungan suara semakin terjaga, publikasi data rekapitulasi penghitungan suara kepada masyarakat semakin cepat dan valid. Ns

Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan 2020 dapat di akses melalui http://pilkada2020.kpu.go.id/