KPU Kota Kediri – Jum’at 5 Februari 2021 Bertempat di Ruang RPP Kilisuci Tim Satgas SPIP KPU Kota Kediri melakukan sinau bareng membahas Modul SPIP. Henny Nurdiany selaku Ketua Tim Satgas mengemukakan bahwa tujuan dari sinau modul SPIP ini adalah agar nantinya Laporan SPIP KPU Kota Kediri sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008  serta Keputusan  KPU Nomor 443 Tahun 20014 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan SPIP Dilingkungan Komisi Pemilihan Umum.

Tim Satgas SPIP KPU Kota Kediri Tahun 2021

Dalam Penjelasan ada 3 (Tiga) Prinsip dasar SPIP yaitu : Membuat dasar/peraturan/prosedur, merancang dan melaksanakan prosedur pemantauan, menilai dan melaporkan hasil pemeriksaan. Dan dari 3 (tiga) prinsip dasar tersebut dilakukan dengan melaksanakan tahapan penyelenggaraan yaitu : tahap pememahaman dan pemahaman persepsi, Tahap pemetaan,tahap pembanguna infrastruktur, tahap internalisasi, tahap pengembangan berkelanjuta.

Sinau bareng yang dikemas dengan sistem diskusi ini menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya adalah menyamakan persepsi terlebih dahulu untuk selanjutnya merumuskan beberapa kebijakan-kebijakan yang akan diambil dalam rangka perbaikan pelaksanaan SPIP tahun 2021. HN