KPU Kota Kediri – Lagi-lagi Rumah Pintar pemilu (RPP) Kilisuci kedatangan tamu pemilih pemula. Hari ini (Selasa, 16/2) Nawa Faradila dan rekannya Fifi, Siswi SMK PGRI 1 Kota Kediri mengunjungi RPP Kilisuci dalam rangka ingin belajar kepemiluan terutama terkait alat kelengkapan TPS.

Ditemui oleh Komisioner KPU Kota Kediri yang membidangi sosialisasi dan Pendidikan pemilih (Wahyudi) dan Pelaksanana Koordinator Sub bagian Teknis dan Hubmas (Arif Suryawan), para siswa di ajak berkeliling ruangan RPP Kilisuci. “Disini (RPP Kilisuci) kita menyediakan banyak hal, mulai literatur tentang kepemiluan, infografis hasil pemilu, Film-film kepemiluan, miniatur TPS sampai dengan ruang simulasi untuk pemungutan suara” tutur wahyudi. Terkait alat kelengkapan TPS, kepada para siswa, wahyudi menjelaskan bahwasannya TPS merupakan tempat yang digunakan oleh pemilih untuk memberikan hak pilihnya pada pemilu atau pemilihan yang didalamnya terdapat alat kelengkapan TPS berupa Bilik suara, alat coblos dan bantalan, tinta, surat suara, ATK dan perlengkapan pendukung lainnya.
“Lantas kalau KPPS itu apa Pak” tanya Fardila. Dijelaskan oleh Wahyudi bahwasannya didalam TPS terdapat Petugas TPS yang terdiri dari terdapat 7 Petugas KPPS Kelompok penyelenggara pemungutan suara), 2 Petugas Keamanan TPS, Pengawas TPS dan Saksi peserta pemilu. “Orang-orang tersebut yang boleh masuk ke TPS selain pastinya Pemilih” jelas Wahyudi.

Diakhir Kunjungan Faradila mengucapkan terimakasih atas penjelasan terkait alat kelengkapan TPS dan kedepan rencannya akan membuat video pembelajaran tentang kepemiluan yang mengambil tempat di RPP Kilusuci. Ars