KPU Kota Kediri – Menindaklanjuti Surat Edaran KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, pada hari ini Jumat (26/2) Pukul 09.30 WIB KPU Kota Kediri mengadakan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 periode Bulan Januari yang dilaksanakan di Ruang RPP “Kilisuci” KPU Kota Kediri.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Kediri, Komisioner KPU Kota Kediri, Sekeretaris KPU Kota Kediri, Kasubag, Sub Koordinator, dan Operator Sidalih. Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi PDB dipaparkan Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Kediri, Nasrudin, ”Dari hasil pemutakhiran yang dilakukan dan dituangkan dalam Berita Acara Nomor: 17/PK.01-BA/02/KPU-Kot/II/2021, untuk bulan Januari ini ada sebanyak 390 pemilih baru, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 176 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 214 pemilih serta ada sebanyak 339 pemilih dinyatakan TMS, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 181 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 158 pemilih. Sehingga pada bulan Januari ini jumlah pemilih laki-laki sebanyak 99.634, pemilih perempuan sebanyak 103.754, dengan total sebanyak 203.388 pemilih”. Nasrudin menjelaskan bahwa pemutakhiran ini hasil kerjasama dengan Dispendukcapil Kota Kediri, Bawaslu Kota Kediri, laporan masyarakat serta hasil dari penelusuran KPU Kota Kediri dan untuk kedepannya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Pengadilan, TNI-Polri, serta Partai Politik sesuai arahan dari KPU RI.

Mansur Ketua Bawaslu Kota Kediri berharap, KPU Kota Kediri untuk tetap melaksanakan PDB Tahun 2021 sesuai arahan dari KPU RI. Senada dengan Mansur, Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi mengharapkan proses pemutakhiran data pemilih akan berjalan lancar dan mampu melibatkan banyak elemen masyarakat sehingga data pemilih akan semakin valid. dans