KPU Kota Kediri – Jauh jauh hari KPU Kota Kediri mempersiapkan diri dalam menghadapi Pemilihan Serentak 2024 kelak. Persiapan tersebut antara lain dengan melakukan evaluasi pelaksanaan pemilihan serentak 2019. Dilaksanakan di ruang RPP Kilisuci hari ini jum’at (19/3) dan dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris beserta Kasubbag Umum dan Sub Koordinator, evaluasi pemilihan serentak 2019 dikupas per tahapan pemilihan.

“Supaya nanti tidak kaget, evaluasi ini dilakukan dalam rangka pemanasan. Sedikit mereview apa saja yang dilakukan dalam penyelenggaraan pemilihan,” tutur Pusporini Endah Palupi Ketua KPU Kota Kediri membuka rapat. Masing masing sub koordinator dan kasubbag mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemilihan serentak 2019 lalu. Seperti diungkapkan oleh kasubbag umum dan logistik Ermawanto, kendala yang paling dirasakan oleh bagian logistik pemilu saat itu adalah pengadaan formulir yang terpusat dan KPU kab/Kota harus mengambil sendiri persediaan formulirnya ke penyedia. “Pemilu kemaren lumayan jauh penyedianya, belum lagi kalau ada kekurangan fromulir,” terangnya.

Permasalahan yang dihadapi oleh KPU Kota Kediri akan disampaikan kedalam Rapim Evaluasi Pemilihan 2019 dan 2020 yang direncanakan akan diadakan oleh KPU Provinsi dalam tempo dekat ini. Harapannya permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemilihan sebelumnya tidaka akan terjadi lagi di pemilihan serentak 2024 kelak. nhi