kpu-kedirikota.go.id. KPU Kota Kediri pada hari ini (31/03) kembali melaksanakan Rapat Koordinasi Triwulan I Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan 2021 di Rumah Pintar Pemilu Kantor KPU Kota Kediri. Selain dihadiri oleh pihak intern, KPU Kota Kediri juga megundang perwakilan sejumlah instansi, yaitu Bawaslu, Kodim 0809, Polres Kediri Kota, Dispendukcapil Kota Kediri, Kementerian Agama Kota Kediri, dan KUA dari tiga kecamatan di Kota Kediri.

Dalam Rapat koordinasi ini menetapkan, Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bulan Maret 2021, jumlah pemilih di Kota Kediri sebanyak 203.162 pemilih yang terdiri dari 99.517 pemilih laki-laki dan 103.645 pemilih perempuan. Pada bulan Maret 2021 ini, KPU Kota Kediri menerima masukan data dari sejumlah pihak yaitu Kementerian Agama Kota Kediri, Kodim 0809, KUA Kecamatan Kota, Bawaslu, dan internal KPU Kota Kediri. Sumber data yang masuk di bulan ini menurut Nasrudin, divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Kediri, lebih bervariasi dibanding bulan-bulan sebelumnya. “Suplai data pada bulan ini mengalami kemajuan yang sangat baik, karena sejumlah instansi bersedia membantu, diantaranya data pensiunan TNI dari Kodim 0809, data warga yang menikah dibawah usia 17 tahun dari KUA, data dari Kementerian Agama, dan Bawaslu Kota Kediri” ungkapnya.
Pada Bulan Maret 2021 ini KPU Kota Kediri memasukkan pemilih baru sebanyak 156 pemilih, dan mengeluarkan 10 orang dari daftar pemilih karena meninggal dunia. “Dari 1854 data yang masuk, setelah diverifikasi, sebanyak 275 telah masuk dalam DPT, 424 pemilih sanding dengan DP4, dan 1000 orang beralamat di luar Kota Kediri” rinci Nasrudin.

Sejumlah instansi menyatakan siap mendukung kegiatan KPU Kota Kediri dalam memutakhirkan data pemilih. Pihak Kodim 0809 dan Polres Kediri siap berkoordinasi dan memberikan informasi terkait anggota yang memasuki masa purna tugas, begitu juga sejumlah instansi lainnya seperti KUA, Kemenag dan Dispendukcapil Kota Kediri siap memberikan data yang diperlukan guna menyukseskan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Sebagai laporan progres pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, masing masing instansi yang diundang diberikan copyan Berita Acara Pemutakhiran Berkelanjutan periode Maret 2021. sub