Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Penyusunan Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun 2021 serta Konsolidasi KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota (6-8/4/2021) bertempat di KPU Kab. Banyuwangi terasa cukup istimewa karena Rakor dihadiri dan dibuka langsung oleh Arief Budiman selaku Anggota KPU RI. Acara pembukaan Rakor digelar di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Kab. Banyuwangi, sedang untuk pembahasan materi rakor akan dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Banyuwangi. Wakil Bupati Banyuwangi, jajaran Forkopimda dan beberapa OPD Kab. Banyuwangi, Komisioner/Sekretaris KPU Provinsi, Ketua dan Sekretaris KPU Kab/Kota SE Jatim ikut hadir diacara pembukaan ini.

Dalam sambutan dan pengarahanya, Arief Budiman menyampaikan beberapa hal perlu mendapatkan perhatian KPU Provinsi dan juga KPU Kab Kota. Menurutnya, tahun 2021 menjadi tahun yang penting bagi KPU untuk mempersiapkan program kegiatan tahapan Pemilu 2024. “Kita bisa mempersiapkan Program Tahapan pemilu 2024 lebih awal, karena UU Pemilu tidak ada perubahan. Oleh karena itu kita perlu menyiapkan penyusunan program kegiatan dan anggaran pemilu dan pemilihan ini dengan cermat dan matang,” demikian ungkapnya. KPU selalu mengadakan evaluasi setiap tahapan dan menginformasikan terhadap hasil pelaksanaan tahapan pemilu. Hal ini dimaksudkan agar kualitas penyelenggaraan pemilu semakin baik dan hasil2 penyelenyelenggaraan pemilu mudah diakses masyarakat.

Kemudian terkait konsolidasi organisasi, menurutnya menjadi prioritas yang harus dilakukan dalam mempersiapkan dan melaksanakan tahapan pemilu. KPU itu kolektif kolegial, sehingga semua pengambilan keputusan dilakukan melalui rapat pleno, keputusan tidak bisa diputuskan oleh satu orang ketua saja. KPU itu tidak bisa digoyang oleh siapapun, sepanjang KPU solid. Kemudian dalam struktur organisasi di KPU, ada komisioner dan ada sekretariat yang dipimpin sekretaris.
Oleh karena itu Arief Budiman berharap, agar antara KPU dan sekretariat harus kompak, saling mendukung dan saling menguatkan. srt