Kediri (14/04) Salah satu faktor penting untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta peningkatan kinerja pada lembaga yaitu adanya ketersedian jumlah personil yang tercukupi dan kompetensi aparatur yang memadai. Dukungan untuk mempersiapkan jelang pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 yang tahapannya sudah dimulai di tahun 2022 maka ketersediaan dan ketercukupan SDM yang memadahi menjadi program prioritas. Berdasar hal tersebut serta menindaklanjuti Surat Nomor: 939/SDM.01-SD/05/SJ/IV/2021 Tgl. 7 April 2021 perihal Permintaan Usulan Kebutuhan ASN Tahun 2022 Nanik Karsini (Sekretaris KPU Prov Jatim ) menginstruksikan ke 38 sekretaris kab/kota untuk segera mengajukan usulan sesuai kebutuhan Satkernya.

Atas dasar hal tersebut KPU Kota Kediri hari ini melaksanakan evaluasi Kebutuhan personalia Sekretariat bersama Komisioner KPU Kota Kediri. Dalam Evaluasi tersebut Suroto selaku Sekretaris KPU Kota Kediri memaparkan bahwa KPU Kota Kediri akan menyampaikan usulan kebutuhan ASN Tahun 2022 sebanyak 4 (empat) orang personalia ke Sekretaris KPU Provinsi Jatim. Sesuai ketentuan standar jumlah ASN pada sekretariat KPU Kab/Kota adalah 17 orang ASN, mempertimbangkan jumlah ASN hari ini, dimana jumlah personil ASN pada sekretariat KPU Kota Kediri adalah 15 orang, dengan 2 (dua) orang ASN akhir tahun 2022 sudah memasuki purna tugas, dan 1 (satu) ASN tidak mengikuti proses alih status menjadi ASN Organik Sekretariat KPU, maka di tahun 2022 KPU Kota Kediri membutuhkan tambahan personil sebanyak 4 orang. Adapun kualifikasi pendidikan yang diusulkan sesuai kebutuhan Satker yaitu 1 orang Sarjana IT, Sarjana Hukum, Sarjana Ilmu Pemerintahan dan Sarjana Akuntansi), yang nantinya akan ditempatkan di empat sub bagian dan targetnya bisa mensupport peningkatan kinerja di KPU Kota Kediri.

Hasil Evaluasi Kebutuhan Personalia tersebut kemudian dituangkan dalam Surat Sekretaris KPU Kota Kediri Nomor: 65/SDM 03.6.SD/3571/Sek-Kota/IV/2021 untuk kemudian dikirimkan ke KPU Provinsi Jawa Timur. Rin