KPU Kota Kediri – Dalam rangka sosialisasi terbentuknya Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) KPU Kota Kediri, hari ini (Rabu, 14/4) KPU Kota Kediri bersilaturrahim ke Bawaslu Kota Kediri. Ikut dalam silaturrahim tersebut Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi beserta 3 komisioner lainnya.

Mewakili KPU Kota Kediri, Wahyudi (Div SDM Parmas) menyampaikan bahwasannya sesuai dengan SK KPU RI Nomor 172 Tahun 2021 tentang Badan Koordinasi Kehumasan dan Surat KPU RI Nomor 244 Tahun 2021 Tentang Pembentukan Bakomumas, KPU Kota Kediri telah membentuk Bakohumas yang diketuai oleh Sekretaris KPU Kota Kediri. Terkait dengan hal tersebut maka KPU Kota Kediri berharap bisa bersinergi dengan BAWASLU guna mengotimalkan fungsi-fungsi kehumasan melalui Bakohumas. “Silaturrahim hari ini meruakan salah satu tindaklanjut dari SE KPU RI Nomor 244 yang mana menugaskan kita (KPU) untuk mensosialisasikan keberadaan BAKOHUMAS KPU serta dapat bekerjasama guna sosialisasi kegiatan kelembagaan masing-masing” tutur Wahyudi.
Ditemui langsung oleh 3 komisioner Bawaslu dan sekretaris, Mansur, ST Ketua Bawaslu Kota Kediri mengucapkan terima kasih atas kunjungan KPU Kota Kediri serta mengucapkan selamat atas terbentuknya BAKOHUMAS di KPU Kota Kediri. Ditegaskan oleh Mansur bahwa Bawaslu Kota Kediri siap mendukung dan bersinergi guna publikasi dan sosialisasi baik di didalam tahapan atau diluar tahapan pemilu dan pemilihan. Selain itu Mansur juga meyampaikan bahwa Bawaslu Kota Kediri mempunyai program kehumasan dalam bentuk pembuatan video pendek tentang peran Bawaslu dalam proses pemilu dan pemilihan yang harapannya bisa menggandeng KPU Kota Kediri dalam pembuatannya. “Kita (Bawaslu Kota Kediri) merencanakan membuat video pendek tentang peran Bawaslu dalam pengawasan dan pencegahan pelanggaran pemilu, mohon nantinya masing-masing divisi di KPU Kota Kediri berkenan ikut andil dalam pembuatannya” Kata Mansur.

Perlu diketahui bahwa Pembentukan Bakohumas di semua satker KPU bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi koordinasi kehumasan antara KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota . Adapun tugas utama dari Bakohumas adalah melakukan koordinasi untuk kelancaran arus informasi antar satker, melakukan koordinasi dan Kerjasama dengan Bakohumas pada instansi dan Lembaga pemerintah sesuai tingkatannya serta menghimpun, mengelola dan menyalurkan data atau informasi kehumasan yang diperlukan. yud