KPU Kota Kediri – KPU Provinsi Jawa Timur mengundang seluruh KPU Kab/Kota se jatim pada hari Kamis (29/4) untuk melakukan Rapat Koordinasi terkait Tindak Lanjut Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 .Dalam surat undangan Nomor 21/PP.06-Und/35/Prov/IV/2021 tertuang bahwa Rapat Koordinasi dilaksanakan secara daring dengan dihadiri oleh masing masing divisi perencanan, Data dan Informasi, Sub Koordinator Program data serta operator Sidalih.

Nurul Amalia selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan salah satu perubahannya yaitu membuat siaran pers, “Mengapa kita perlu melaksanakan siaran pers dengan cara mengumumkan melalui media sosial? karena banyak masyarakat kita belum terlalu paham apa itu pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Untuk itulah saya berharap semoga dengan adanya siaran pers melalui media sosial dapat meningkatkan tanggapan masyarakat khususnya terkait perubahan datanya karena dengan memberikan update data ke KPU merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam mengawal kegiatan Pemilihan”.

Nasrudin Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Kediri mengungkapkan salah satu persoalan selain pentingnya siaran pers melalui media sosial, juga terkait persamaan jadwal pelaksanaan Pleno rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Tingkat KPU Kab/Kota dan pelaporan rekapitulasi ke KPU Provinsi Jawa Timur. ” Belum ada kesamaan persepsi mengenai jadwalnya, ada yang dalam bulan yang sama ada juga di bulan berikutnya, kalau seandainya disamakan kan lebih bagus jadi serentak,” terang Nasrudin.

Disepakati sesuai dengan SE KPU RI Nomor 366 bahwa untuk rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilaksanakan pada akhir bulan berjalan dan untuk pelaporan rekapitulasi ke KPU Provinsi Jawa Timur dilaksanakan antara tanggal 1 s/d 5 bulan berikutnya. dans