KPU Kota Kediri – Kediri (04/05) Dalam rangka peningkatan peran dan eksistensi Bakohumas KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kabupaten/Kota serta untuk meningkatkan kelancaran arus informasi antar satuan kerja dan kemampuan menghimpun, mengelola, menyalurkan informasi serta melaksanakan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait dalam mempersiapkan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. KPU Kota Kediri menghadiri Rakor Bakohumas KPU RI, KPU Prov & KPU Kab/Kota Se Indonesia.

tangkap layar sambutan pembukaan oleh Ilham Saputra (Ketua KPU RI) zoom meeting rakor Bakuhumas (4/5)

Rakor yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting tersebut dibuka oleh ILham Saputra (Ketua KPU RI) pada jam 10.00 WIB. Dalam sambutan pembukanya, Ilham Saputra berharap Rakor Bakohumas ini dapat meningkatkan kemampuan tim humas dalam mengemas dan menyampaikan informasi kegiatan maupun informasi kepemiluan dengan baik, kreatif, menarik, cepat dan faktual kepada publik berbasis keterbukaan dan kejujuran.
Sebagai narasumber dalam Rakor tersebut adalah Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Direktur Eksekutif Netgrit, Feri Kurnia R, Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Publik Bambang Gunawan dan Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI, Eberta Kawima. Turut hadir jajaran pimpinan KPU RI yakni Ketua KPU RI, Ilham Saputra beserta Anggota KPU RI antara lain Arief Budiman, Viryan, Pramono Ubaid Tanthowi serta I Dewa Kade Wiarsa Raka sandi

Ketua KPU(Pusporini Endah Palupi), Divisi Sosdiklih Parmas (Moch Wahyudi), Sub Koordinator Teknis Hupmas (Arif Suryawan S) saat mengikuti Rakor Bakohumas melalui zoom meeting

Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam Paparannya menyampaikan ada 6 tujuan pokok dibentuknya Bakohumas KPU diantaranya adalah :
1. Terciptanya SDM Kehumasan di KPU yang berkualitas, komunikatif, aspiratif, profesional dan kompeten.
2. Terciptanya hubungan kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan terkait dalam penyampaian informasi kepemiluan secara berjenjang dan berkelanjutan.
3. Tersosialisasikannya kebijakan dan program KPU kepada internal (KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota) dan eksternal (publik).
4. Membangun opini publik yang positif terkait informasi kepemiluan dan menyebarluaskannya secara masif.
5. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi kepemiluan dan meningkatkan citra lembaga serta kepercayaan publik pada KPU.
6. Tersedianya data dan pelayanan informasi publik terkait kepemiluan yang terdepan dan terupdate bagi masyarakat.
Hadir menyimak dalam Rakor daring tersebut dari Ruang KPU Kilisuci KPU Kota Kediri yakni Pusporini Endah Palupi (ketua), M. Wahyudi (Div. Sosdiklih-Parmas), Ar. Suryawan (Sub Koo. Teknis Hupmas).

Di akhir sesi turut didiskusikan hal-hal yang masih menjadi pertanyaan dalam rangka penyiapan infrastruktur dan SDM bidang Hupmas yang nanti akan menangani peran kehumasan di setiap KPU Kab/Kota mengingat di Jabatan Fungsional tata kelola Pemilu yang menjadi Sub Koo. hampir sama sekali tak membicarakn poin kehumasan. Ars