KPU Kota Kediri – Dalam rangka persiapan rencana pemeriksaan rutin tahunan oleh BPK RI atas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan KPU Provinsi, KPU Kab/Kota se Jatim, Kamis (3/6/2021) KPU Provinsi Jatim menyelenggarakan “Rapat Koordinasi Pertanggungjawaban dan Pelaporan Keuangan serta Logistik Pemilihan dengan mengundang 38 Ketua dan Sekretaris KPU Kab/Kota se Jatim. KPU Kota Kediri dihadiri oleh Pusporini Endah Palupi (Ketua) dan Suroto (Sekretaris).

Acara rakor dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jatim (Choirul Anam). Dalam sambutan pengarahannya Choirul Anam menyampaikan informasi bahwa BPK RI akan melakukan pemeriksaan pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan satker KPU Prov dan KPU Kab/Kota di wilayah Jatim yang dilaksanakan bulan Juni-Juli 2021. ” Karena waktunya sudah mendesak, maka penyamaan persepsi dalam persiapan pemeriksaan harus dilakukan, ” terang Choirul Anam. Harapannya, sebelum BPK turun dilapangan, teman2 Kab/Kota sudah menyiapkan SPJnya sebaik2 mungkin. “Lakukan penyajian laporan administrasi keuangan dengan baik, penuhi semua unsur kelengkapan administrasi atas pertanggungjawaban keuangan dengan tertib”, demikian tekannya.

Tidak hanya terbatas dalam pengelolaan keuangan saja, tetapi kegiatan2 lainnya yang memerlukan koordinasi mendukung kelancaran tupoksinya, kab/kota diminta selalu berkoordinasi dengan provinsi. KPU Provinsi selalu welcome, demikian ungkapnya. Selain membahas persiapan pemeriksaan SPj Keuangan, rakor juga dibahas eks logistik Pemilihan. Upaya untuk penyelamatan dan pelestarian terkait eks logistik dan berkas/dokumen arsip Pemilihan Serentak 2020, Miftahul Rozaq (Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Prov Jatim) berharap agar KPU kab/kota segera melakukan pengamanan arsip2 tersebut dengan baik. Lakukan pemetaan dan pencatatan arsip sesuai aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan KPU, dan koordinasikan dengan lembaga kearsipan setempat, demikian tekannya. Selanjutnya, untuk memantau atas pelaksanaan pengamanan eks logistik Pemilihan Serentak 2020, dan dokumen2 arsip di satker KPU Kab/Kota, KPU Jatim telah mengagendakan dal waktu dekat akan melakukan monitoring terutama 19 kab/kota yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020. srt