KPU Kota Kediri – Kamis, 3 Juni 2021 Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Sekretaris, Sub koordinator serta operator  KPU Kota Kediri mengikuti  FGD Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) secara daring yang diadakan oleh KPU Provinsi Jatim. Acara dibuka oleh Divisi Hukum dan Pengawasan serta Sekretaris KPU Provinsi Jatim. Dalam sambutanya Arbayanto (Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU prov Jatim) menerangkan “Fokus utama divisi hukum, sub koordinator serta operator dalam fungsi SPIP bagaimana kita mensukseskan laporan SPIP bulanan triwulan dan tahunan supaya memenuhi target pemahaman yang diinginkan, sehingga dalam melakukan tanggungjawab melakukan Pengendailan Internal Pemerintah (SPIP) ini akan berjalan dengan baik kedepanya.”

Acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Koordinator HTH Yulyani Dewi sekaligus menjelaskan format pengisian Laporan SPIP. Dewi menegaskan bahwa format kartu kendali yang digunakan mengacu pada Lampiran Surat Dinas Sekjend KPU Nomor 1406 tahun 2017 tentang SPIP untuk keseragaman pelaporan SPIP bagi 38 KPU Kab/Kota se Jawa Timur.

Pada akhir forum dilakukan pembahasan permasalahan yang dihadapi oleh KPU kab/Kota dalam proses baik penyusunan laporan maupun pelaksanaan SPIP di masing masing wilayah. KPU Kota Kediri masuk dalam kategori yang tidak bermasalah karena secara format laporan dan pelaksanaan sudah sesuai dengan peraturan. dhin