KPU Kota Kediri – Dalam rangka meningkatkan sinergisitas antara penyelenggara dan peserta pemilu di Kota Kediri, KPU Kota Kediri terus meningkatkan hubungan baik dengan peserta pemilu melalui kunjungan ke sejumlah partai politik yang ada di Kota Kediri. Dalam kesempatan pertama silaturrahmi dan audiensi yang dilakukan oleh KPU Kota Kediri adalah dengan Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Kediri yang dilaksanakan pada Rabu siang (16/06). Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi beserta seluruh anggota KPU Kota Kediri dan juga Sekretaris KPU Kota Kediri diterima langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kediri Gus Sunoto I.M di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Kediri. Tak hanya Gus Sunoto, sejumlah pengurus DPC, PAC dan sejumlah pengurus ranting juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Ketua KPU Kota Kediri dalam kunjungan ini menyampaikan sejumlah program dan kegiatan persiapan pelaksanaan Pemilu 2024. “Dengan silaturahmi yang kami lakukan ini, kami berharap akan meningkatkan sinergisitas antara penyelenggara dan peserta pemilu di Kota Kediri untuk mewujudkan Pemilu dan Pemilihan yang berkualitas di Kota Kediri. Dalam kesempatan audiensi ini, KPU Kota Kediri melalui masing-masing anggota KPU menyampaikan bahwa KPU Kota Kediri memiliki kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, sehingga perlu kerjasama DPC PDI Perjuangan untuk menyosialisasikan ke anggota dan pengurus PDI Perjuangan Kota Kediri.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kediri Gus Sunoto dalam sambutannya menyatakan sangat terhormat mendapatkan kunjungan dari KPU Kota Kediri. DPC PDI Perjuangan Kota Kediri juga sangat berharap KPU Kota Kediri dapat membantu kebutuhan data jika DPC PDI Perjuangan membutuhkan. Hal senada disampaikan oleh Sekretaris DPC PDP Perjuangan Kota Kediri, Purwanto. “Dalam pengalaman Pemilu 2019, karena sejumlah kelalaian saksi kami, DPC PDI Perjuangan tidak berhasil mengumpulkan salinan C1 secara keseluruhan, sehingga kami mohon untuk hal-hal seperti ini, kedepan kami ingin dumudahkan dalam mendapatkan data dimaksud” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Pusporini menyatakan bahwa untuk rekapitulasi, kedepan kemungkinan besar akan semakin sederhana dan akan lebih mudah diakses oleh semua pihak. “Pilkada 2020, KPU sudah menggunakan SIREKAP, sehingga kemungkinan ini akan terus digunakan untuk pemilu kedepan, dan akan memudahkan untuk akses hasil oleh semua pihak” jawab Puspo.

Dalam pertemuan ini, KPU Kota Kediri juga menyampaikan buku Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 di Kota Kediri kepada Ketua DPC PDI Perjuangan yang bisa digunakan sebagai salah satu data dan referensi oleh partai. Perlu diketahui bahwasannya kegiatan serupa juga akan dilaksanakan ke semua Partai Politik peserta pemilu 2019. Sub