KPU Kota Kediri – Hari ini (Rabu, 23/6) KPU Provinsi Jawa Timur melaksanakan Kick Off Meeting Reformasi Birokrasi di lingkungan KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut Pasca penunjukan KPU Provinsi Jawa Timur oleh KPU RI untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi secara utuh atau komprehensif bersama 10 KPU provinsi lainnya.

Dalam sambutan pengarahannya, Komisioner KPU Provinsi yang membidangi Sumberdaya manusia (Rohani) menyampaikan bahwasannya Kick Off Meeting Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan bukan merupakan awal pelaksanaan reformasi birokrasi tetapi tindaklanjut dan perbaikan pelaksanaan reformasi birokrasi. “Kickc Off dalam sepakbola memang tendangan awal tetapi tendangan awal tersebut bisa di babak pertama, kedua atau pasca adanya gol, Hal ini sama dengan pelaksanaan reformasi birokrasi di KPU Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Kota. Kita telah melaksanakan maka Momen ini merupakan langkah untuk evaluasi dan perbaikan pelaksanaan Reformasi Birokrasi” tutur Rohani.

Dijelaskan juga oleh Rohani bahwa Grand Desain pelaksanaan reformasi birokrasi berupa road map disesuaikan setiap lima tahun. Sedangkan di lingkungan KPU mengacu pada Ketutusan KPU Nomor 314 Tahun 2021. “Bulan Mei dan Juni ini yang kita lakukan adalah Inventarisasi administrasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan evaluasi terhadap reformasi birokrasi yang telah dilakukan”

Sementara itu Choirul Anam Ketua KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan Karena KPU Provinsi Jawa Timur ditunjuk oleh KPU RI sebagai salah satu yang melaksanakan reformasi birokrasi secara komprehensip, maka tuntutan yang harus dilaksanakaan pelaksanaan reformasi birokrasi dengan bersih, bebas pungli dan gratifikasi. “KPU Bersih, Kapabel dan Pelayanan Prima harus diwujudkan” kata Choirul Anam.

Perlu diketahui bahwa Kick Off Meeting Reformasi birokrasi tersebut selain diikuti oleh jajaran dari KPU Provinsi Jawa Timur, juga diikuti oleh seluruh KPU Kabutapen Kota se-jawa Timur. Adapun Komisioner dan seluruh sekretariat KPU Kota Kediri mengikuti kegiatan tersebut secara daring dari Ruang Rumah Pintar Pemilu Kilisuci. dny