KPU Kota Kediri –  Kamis (24/6) KPU Kota Kediri melakukan audiensi dengan DPD Partai Nasdem Kota Kediri. Disambut langsung oleh Ketua dan jajaran pengurus DPD Partai Nasdem, silaturahmi dibuka oleh Choiruddin Mustofa (Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Kediri sekaligus anggota DPRD Kota Kediri periode 2019-2024) menyampaikan permohonan maaf terkait perubahan jadwal audiensi.

Disampaikan oleh Pusporini Endah Palupi Ketua KPU Kota Kediri, tujuan kedatangan rombongan KPU Kota Kediri selain memperkenalkan anggota Komisioner yang baru, juga menyampaikan program kegiatan yang dilaksanakan KPU Kota Kediri saat ini. “ Nanti akan disampaikan oleh masing masing divisi mengenai kegiatan KPU Kota Kediri dan rencana kegiatan terkait persiapan pemilihan 2024,” terang Pusporini.

Selain Pemutakhiran Data pemilih berkelanjutan, kegiatan yang saat ini juga gencar dilakukan oleh KPU Kota Kediri adalah sosialisasi baik berupa informasi kepemiluan ataupun kegiatan melalui media sosial dan website KPU Kota Kediri. Melalui divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas Moch Wahyudi bahwa terkait permintaan data/ informasi kepemiluan, masyarakat bisa dengan mudah mengaksesnya di media sosial dan website KPU Kota Kediri. “Kegiatan yang dilakukan oleh KPU Kota Kediri selalu di update melalui media sosial dan website, sedangkan untuk informasi hukum bisa diakses melalui website JDIH KPU Kota Kediri dan JDIH KPU RI,”jelasnya. “Selain media sosial dan website, kami juga sangat terbuka menerima kedatangan partai politik untuk berdiskusi tentang kepemiluan di RPP Kilisuci tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan,” imbuh Wahyudi kemudian.

Sedikit menyinggung mengenai Pendidikan Pemilih, Pusporini juga menambahkan bahwa pendidikan pemilih yang tujuannya adalah membuat pemilih menjadi cerdas, bukan hanya menjadi kewajiban KPU Kota Kediri saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab partai politik untuk mecerdaskan konstituennya khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dengan peran serta dari partai politik, KPU Kota Kediri yakin kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilu dan pemilihan akan semakin meningkat. “Kerjasama perlu dijalin antara KPU Kota Kediri dengan partai politik dalam pendidikan pemilih sehingga pemilihan 2024 nanti semakin berkualitas dan partisipasi masyarakat meningkat,” tekannya. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD partai Nasdem Kota Kediri, Nafis Qurtubi kerjasama dan komunikasi akan terus terjalin dengan baik, sehingga pemilu dan pemilihan yang akan datang berjalan dengan baik dan sukses

Diakhir pertemuan, Pusporini Endah Palupi menyerahkan buku Laporan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Anggota DPRD Kota Kediri Tahun 2019 sebagai bahan informasi data pemilihan bagi partai politik . nhi