kpu-kedirikota.go.id– KPU Kota Kediri hari ini (30/06) kembali menetapkan rekapitulasi hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan Kedua Tahun 2021. Bertempat di Rumah Pintar Pemilu Kilisuci Jl. Jaksa Agung Suprapto 32 Kediri, rapat pleno dilaksanakan secara online sekaligus offline. Untuk rapat offline, dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Kediri dan Ketua Bawaslu Kota Kediri. Sedangkan peserta secara online yang hadir adalah dari perwakilan partai politik, Dispendukcapil Kota Kediri, Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Kota Kediri, KUA se-Kota Kediri, MAN Kota Kediri, Polres Kediri Kota dan Kodim 0809 Kota Kediri.

peserta offline Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan II tahun 2021

Dari hasil pemutakhiran yang dilakukan pada triwulan kedua 2021, Jumlah Pemilih ditetapkan sebanyak 206.784 pemilih yang terdiri dari 101.369 pemilih laki-laki dan 105.415 pemilih perempuan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3.622 jika dibandingkan pada Triwulan pertama 2021 yang sebesar 203.162 pemilih. KPU Kota Kediri menerima masukan data dari sejumlah kalangan seperti Dispendukcapil Kota Kediri, Bawaslu, Cabang Dinas Pendidikan, SMA/SMK/MAN, KUA, Kodim 0809, Polres Kediri Kota dan dari internal KPU Kota Kediri. Pada April 2021, Cabang Dinas Pendidikan Kota Kediri menyampaikan data siswa SMA dibawah naungan Cabang Dinas yang berdomisili di Kota Kediri sebanyak 10.381. Secara berkala KPU Kota Kediri melakukan verifikasi dan sanding data dengan DPT Pemilu 2019 dengan hasil penambahan pemilih baru sejumlah 3.220 untuk bulan April, 532 Pemilih untuk bulan Mei dan 450 Pemilih Baru untuk bulan Juni. KPU Kota Kediri secara berkala akan terus melaksanakan verifikasi dan sanding data atas data siswa tersebut. KPU Kota Kediri juga menerima masukan data dari Dispendukcapil Kota Kediri, Bawaslu Kota Kediri dan dari internal terkait pemilih yang tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia, pindah domisili, maupun pergantian dari status sipil menjadi TNI/Polri sejumlah 672 pemilih dengan rincian sebanyak 391 pada bulan April, 8 orang pada bulan Mei dan 273 orang pada bulan Juni 2021.

peserta online Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan II tahun 2021

Selain memasukkan pemilih baru, KPU Kota Kediri juga men TMS kan pemilih dari daftar pemilih karena meninggal dunia, pindah domisili, maupun pergantian dari status sipil menjadi TNI/Polri. Selama Triwulan kedua 2021, KPU Kota Kediri mencoret sebanyak 672 orang dari daftar pemilih dengan rincian sebanyak 391 pada bulan April, 8 orang pada bulan Mei dan 273 orang pada bulan Juni 2021. KPU Kota Kediri menerima masukan data dari Dispendukcapil Kota Kediri, Bawaslu Kota Kediri dan dari internal terkait dengan data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi dalam pleno penetapan hasil pemutakhiran ini mengapresiasi partisipasi sejumlah kalangan yang bersedia membagikan data untuk keperluan pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan oleh KPU. “Pemutakhiran data ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa partisipasi oleh banyak pihak, untuk itu kami berharap kedepan baik instansi pemerintah yang selama ini telah berpartisipasi, maupun dari partai politik untuk berperan serta dalam proses pemutakhiran data pemilih sehingga menghasilkan data pemilih yang berkualitas pada Pemilu dan Pemilihan 2024 nanti” ungkap Puspo.

Serah terima Berita acara Hasil Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan II Tahun 2021 kepada Bawaslu Kota Kediri

Berita Acara hasil pemutakhiran ini selain diserahkan kepada bawaslu, juga akan disampaikan kepada seluruh pihak yang hadir secara daring dalam pleno ini. sub/dans