KPU Kota Kediri – KPU Provinsi Jawa Timur menghimbau kepada KPU Kabupaten Kota Se-Jawa Timur untuk mengusulkan Lokus atau sasaran untuk pilot Project KPU RI dalam bentuk Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur divisi SDM Parmas Gogot Cahyo Baskhoro saat memberikan pengarahaan pada Rapat Koordinasi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang digelar oleh KPU Provinsi Jawa Timur bersama KPU Kabupaten Kota se-Jawa Timur (Rabu, 30 Juni 2021). Dalam Rapat Koordinasi tersebut, KPU Kota Kediri diwakili oleh Moch. Wahyudi, komisioner divisi Sosdiklih parmas serta Arif Suryawan Sub Koordinator Teknis Hupmas.

Dijelaskan oleh Gogot bahwasannya masing-masing kabupaten kota diharapkan 2 Lokus atau sasaran Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan harus memenuhi kriteria diantaranya Partisipasi Pemilih pada pemilu atau pemilihan rendah, Daerah potensi pelanggaran pemilu atau pemilihan tinggi atau Daerah rawan konflik atau bencana alam. “Tidak harus desa atau kelurahan, lokus bisa berbasis TPS, RT, RW, Banjar atau sebutan lain, dari usulan tersebut akan kita pilih yang kriterianya paling sesuai” jelas Gogot.

Disisi lain dalam sambutan pembukaan, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam mempertegas bahwa KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota harus mendukung dan mensukseskan program DP3 walau dengan berbagai keterbatasan. “Dalam kondisi yang serba terbatas ini, Kita Harus mensukseskan program DP3 dalam rangka Pendidikan Pemilih” ungkap Anam (panggilan akrab Choirul Anam).

Perlu diketahui bahwa Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan merupakan program unggulan KPU RI yang dilatarbelakangi oleh beberapa hal, diantaranya Pendidikan Pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi karena akan melahirkan pemilih yang mandiri, rasional dan berdaulat. Selain itu desa merupakan unit sosial yang paling kecil sehingga bila tingkatan ini telah mandiri dan rasional dalam konteks politik, diharapkan secara akumulatif memberikan dampak pada tingkatan sosial yang lebih besar.
Program DP3 merupakan sarana Pendidikan Pemilih masyarakat desa yang berkesinambungan guna meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terhadap pemilu dan pemilihan sehingga partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pemilihan meningkat yang dituangkan oleh KPU RI dalam keputusan nomor 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ars