KPU Kota Kediri – Divisi Teknis KPU Se Jawa Timur hari ini (15/07) memulai Kelas Teknis Menyongsong Pemilu 2024. Acara yang digagas oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Prov. Jawa Timur tersebut merupakan Diskusi rutin tematik Tahapan Pemilu 2024 terutama yang terkait dengan tugas fungsi pokok Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu. Dibuka oleh Rochani tepat Jam 10.15 WIB beliau menyampaikan Kelas Teknis adalah gagasan yang brilian ditengah persiapan menyongsong Pemilu 2024. Divisi Teknis sebagai jantungnya pemilu, harus benar- benar mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2024 yang jika tidak banyak berubah Tahapannya akan dimulai pertengahan 2022. Beliau juga menyampaikan harapan agar dalam forum tersebut Komisioner Divisi yang lain diberi kesempatan ikut bergabung sebagai wahana mempersiapkan kapasitas diri menyongsong pemilu 2024.

hasil tangkap layar pelaksanaan kelas teknis Kamis (15/7) 2021 tahap pertama.

Menyambung dalam Pengantar Diskusi, Insan Qoriawan mengungkapkan prinsip Kelas Teknis adalah belajar bersama, semakin banyak kita berbagi wawasan semakin banyak kita belajar dari kawan Divisi Teknis Kab/Kota yang pernah mengalami Pemilu sebelumnya.

Sesuai Jadwal pada kesempatan putaran pertama hari ini menghadirkan Narasumber Helmi (KPU Kota Pasuruan) dan Miftah (KPU Sidoarjo), dengan Moderator M. Ilyas. Miftah dalam paparannya menyinggung mengenai prinsip proporsionalitas dalam penyusunan Dapil yang berpotensi multi tafsir sebab tidak ada parameter yang pasti dari SK 18/PP.02- KPT/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kab/Kota tentang bagaimana prinsip proporsionalitas tersebut diterapkan. Sehingga harapannya di masa yang akan datang akan terbit Pedoman teknis yang lebih rigid lagi dalam Penataan dapil dan Alokasi kursi. Ars