KPU Kota Kediri – Dalam upaya untuk meningkatkan tertib administrasi dan kualitas tata kelola keuangan serta kepatuhan pelaporan keuangan entitas dalam pengelolaan satuan kerja Komisi Pemilihan Umum di wilayah Provinsi Jatim, melalui daring zoom meeting (Kamis, 22/7/2021) KPU Provinsi Jatim bersama Inspektorat KPU RI menyelenggarakan kegiatan “Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2021 Tingkat Wilayah” yang dipaparelkan dengan “Reviu atas Laporan Keuangan Tingkat UAKPA dan UAKPA-W Semester I Tahun 2021”.

Kegiatan ini dibuka Nanik Karsini selaku Sekretaris KPU Provinsi Jatim. Dalam pengarahannya Nanik Karsini berharap agar kita mampu mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) di Tahun 2021 ini. “Salah satu hal yang harus menjadi perhatian dan komitmen kita bersama yaitu dalam mengelola keuangan, harus terib administrasi, keandalan laporan yang disusun memadahi dan kita bekerja dengan sebaik- baiknya,” ungkapnya.
Kemudian dari pengarahan Adiwijaya Bakti (Inspektur KPU RI) dan Tim Inspektorat KPU RI ada beberapa catatan penting yang harus menjadi perhatian dan dilaksanakan, antara lain : (1) Kegiatan Rekon dan Reviu atas Laporan Keuangan Tingkat UAKPA dan UAKPA-W Semester I TA 2021 ini dilakukan, dalam rangka upaya untuk menjaga akurasi dan kualitas pelaporan keuangan KPU yang taat pada regulasi; (2) Terhadap kegiatan2 yang sudah selesai dilaksanakan , SPj harus segera dituntaskan, dan pastikan seluruh catatan2 pengeluaran harus ada bukti dukungnya secara lengkap. (3) Apabila ada koreksi2 atau temuan BPK diminta Satker untuk segera ditindaklanjutinya, baik itu berupa penyetoran ke kas negara maupun pemberian penjelasan/klarifikasi. (4) Pengendalian melalui SPIP menjadi sangat penting sebagai langkah rutin untuk capai efektifitas dan efesiensi dalam mengelola keuangan negara. (5) Keakurasian dan keandalan dalam penyampaian pelaporan keuangan sangat penting, tetapi keabsahan terhadap seluruh dokumen laporan keuangan menjadi lebih penting dan harus perhatian serius. (6) Apabila ada kendala/permasalahan, agar melakukan berkoordinasi secara berjenjang.

Acara Rekonsiliasi dan Reviu atas Laporan Keuangan Tingkat UAKPA dan UAKPA-W Semester I Tahun 2021 dihadiri KPA, Bendahara dan Operator. ofi