KPU Kota Kediri – Selasa (03/08) KPU Kota Kediri kembali menghadiri Kelas Teknis edisi V dengan topik Penghitungan Suara. Dibuka oleh Dewi Yulyani sebagai Host forum daring pada Jam 10.00 WIB, hadir sebagai narasumber yakni Deny Bachtiar (Div Teknis KPU Kota Malang) dan Nurhasin (Div Teknis KPU Kab Malang)

Deny Bachtiar dalam uraiannya menyampaikan, Penghitungan Suara adalah proses penghitungan Surat Suara oleh KPPS untuk menentukan suara sah dan surat suara tidak sah yang diperoleh oleh peserta pemilu , Surat Suara yang tidak terpakai dan Surat Suara rusak/keliru dicoblos. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2019. Seluruh proses tersebut muaranya dituangkan ke dalam form model C Hasil Penghitungan Perolehan Suara.

Nurhasin dalam uraiannya sebagai narasumber kedua mengungkapkan Penggunaan IT dalam Penghitungan Suara sangat memudahkan tugas penyelenggara, agar efektif, efisien, Kredibel Akuntable, serta Transparan. Sebaga contoh SIREKAP, dengan teknologi Optical Character Recognition (OCR) dan Optical Mark Recognition (OMR) yang dapat mengubah objek tulisan angka dan tanda dalam gambar menjadi karakter angka dapat mempercepat penyampaian hasil pemungutan Suara pada hari itu juga. Penggunaan IT di beberapa tahapan Pemilu, mulai dari Pendaftaran Parpol (SIPOL, pendataan Pemilih (Sidalih), Pencalonan (SILON) hingga proses rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan semakin memudahkan tugas penyelenggara pemilu.

Berlangsung kurang lebih dua jam Kelas ini kemudian berlanjut dengan diskusi dan diakhiri sesi dokumentasi oleh Host. Ars