KPU Kota Kediri – Kamis, 12 Agustus 2021 KPU Provinsi Jawa Timur kembali mengadakan Lokakarya penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan 38 KPU Kab/Kota se-Jawa Timur melalui media daring. Acara yang dimulai tepat pukul 9 pagi WIB dengan mengundang Narasumber dari Kemenpan RB dan Inspektorat KPU RI.

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam menekankan pentingnya peningkatan kinerja. “Dengan adanya Upgriding skill di organisasi KPU selain membawa kebaikan dalam efektivitas kerja juga kita harapkan bersama akan diikuti dengan peningkatan tunjangan kinerja dan UK,” terang anam. KPU Provinsi Jawa Timur juga telah melakukan upaya agar seluruh kab/kota di Jawa Timur mampu meningkatkan penilaian dan kualitas SAKIP menjadi angka absolute A sesuai dengan target bersama. Dengan adanya perencanaan yang matang dengan output terukur jelas dan disertai langkah-langkah yang tepat tentu akan meningkatkan kualitas kinerja KPU itu sendiri.

Narasumber dari Menpan RB, Gempar Ganefianto, SE memberikan paparan tentang dasar penyusunan SAKIP dan Renstra dengan metode pohon kinerja dan cascading. Ini menjadi hal menarik bagi peserta lokakarya pagi ini. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan dari beberapa KPU Kab/Kota kepada Gempar. Dilanjutkan sesi kedua dengan narasumber dari inspektorat KPU RI dengan memberikan ulasan hasil evaluasi Renstra beberapa KPU Kab/Kota. Sebagai penutup acara, Anggota KPU Prov Divisi Perencanaan dan Logistik Rozak berharap selanjutnya akan sering mengadakan acara serupa agar pemahaman terhadap SAKIP KPU Kab/Kota semakin meningkat.

Untuk diketahui, KPU Kota Kediri yang hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kota Kediri, Div. Perencanaan dan Data, Sekretaris KPU Kota Kediri serta sub koordinator program dan Data. Adk