KPU Kota Kediri – Kediri (19/08) Peran Tim Helpdesk dalam Laporan Dana Kampanye Pemilu sangat krusial. Sebagaimana kita ketahui dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1126/PL.01.6-Kpt/03/KPU/IX/2018 tentang Pedoman Teknis Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Umum, fungsi dari pembentukan Helpdesk ini untuk membantu Partai Politik tingkat kabupaten/kota dan Tim Kampanye Pasangan Calon tingkat kabupaten/kota untuk mendapatkan informasi terkait dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum, pedoman teknis pelaporan Dana Kampanye, serta informasi mengenai Laporan Dana Kampanye. Tugas pokok Tim helpdesk KPU/KIP Kabupaten/Kota diantaranya adalah :
a. Menerima konsultasi Laporan Dana Kampanye;
b. Menangani administrasi dan pengarsipan lembar konsultasi; dan
c. Menerima penyampaian Laporan Dana Kampanye Peserta Pemilu sesuai dengan jadwal penyampaian.
Tutur, M. Arwan Hamidi (Div Teknis KPU Ponorogo) pada kesempatan pertama.

Pada kesempatan kedua, Elvita Yuliati (Divisi Teknis KPU Gresik) menjelaskan peran Aplikasi Dana Kampanye, sebagai Seperangkat Sistem Informasi dan Teknologi Informasi sebagai alat Peserta Pemilu dalam menginput penerimaan dan pengeluaran dana kampanye, Mendukung pelaksanaan Tugas KPU dalam menerima Laporan dana kampanye dari peserta pemilu, serta Pemeliharaan Data dan Informasi Pelaporan Dana Kampanye untuk Pelayanan Publik.
Kelas Teknis ke 9 ini semakin menghangat dalam sesi diskusi yang kemudian ditutup dengan arahan dari Insan Qoriawan (Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU jawa Timur). Nia Sari (divisi Teknis KPU Kota Kediri) dan Sub Koordinator Teknis Hupmas yang hadir dalam forum daring tersebut menyimak mencermati 3 poin krusial peran timhelp desk di awal proses LADK.

Kegiatan Kelas Teknis Divisi Teknis KPU Kab/Kota Se Jawa Timur merupakan diskusi rutin tiap Selasa dan Kamis jam 10 .00 WIB. Kegiatan tersebut dihelat sebagai ajang diskusi sharing perspektif dan wawasan dalam mempersiapkan diri menyongsong persiapan tahapan Pemilu 2024. Ars