KPU Kota Kediri – Jum’at (20/8), KPU RI mengadakan Soft Lounching desa Pemilu dan Pemilihan dan webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan tema “ Dari Desa untuk Indonesia”. Launching virtual tersebut disiarkan live melalui channel youtube dan Facebook sehingga semua unsur masyarakat bisa mengikuti. Program yang diluncurkan oleh KPU ini merupakan program pendidikan pemilih secara berkelanjutan yang dibertujuan untuk meningkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas partisipasi masyarakat dalam pemilu maupun pemilihan, dimana akan dapat melahirkan pemilih yang cerdas, kritis, mandiri dan rasional yang menentukan keberhasilan demokrasi. Hal tersebut disampaikan oleh Eberta Kawima Deputi Dukungan Bidang Teknis KPU dalam laporan program desa peduli pemilu dan pemilihan.  Dilaporkan oleh Eberta Kawima bahwa  program desa peduli pemilu dan pemilihan ini akan berlangsung  selama tahun 2021- 2024. Program tersebut dilaksanakan di 68 lokus  dengan 1 lokus terdiri dari 25 peserta tersebar di 34 propinsi dengan 4 tahap pelaksanaan. Tahap 1 dilaksanakan tahun 2021 dengan tujuan : meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan dan demokrasi serta pemahaman tentang pemilu dan pemilihan, tahap ke 2 tahun 2022 dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian politik masyarakat, tahap 3 tahun 2023 dengan tujuan membangun kesukarelaan untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu dan pemilihan, pada tahap 4 di tahun 2024 mewujudkan iklim demokrasi prosedural dan subtansial.

Soft Launching Desa Peduli pemilu dan Pemilihan dibuka oleh Ilham Saputra Ketua KPU RI yang menyampaikan bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu dan pemilihan sangat diharapkan dalam mewujudkan kehidupan demokrasi. “Suksesnya program ini tentu tidak akan lepas dari peran serta stakeholder di daerah masing masing,”  

Rangkaian acara berikutnya yaitu diresmikannya Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan oleh Komisioner KPU RI.

Usai peresmian Desa Peduli pemilu dan pemilihan, dilanjutkan dengan webinar “Dari desa untuk indonesia”. Dalam webinar tersebut dihadirkan secara daring berbagai narasumber antara lain Dirjen Bina pemerintahan Desa Kemendagri (Yusharto Huntoyungo), Dirjen pembangunan Desa dan Pedesaan Kemendes (Sugito), Sosiolog Dosen FISIP UGM  ( Arie Sujito) dan Direktur Eksekutif Perludem (Khoirunnisa Nur Agustyati). Dari KPU RI narasumber webinar adalah I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang menjelaskan tujuan dari program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan adalah untuk membangun kesadaran politik, menedukasi masyarakat, menghindarkan masyarakat pada politik uang, Meningkatkan kualitas partisipasi dan membentuk kader kader di tingkat desa untuk membantu mensosialisasikan pemilu dan pemilihan. nhi