KPU Kota Kediri – Rabu (1/9) KPU Kota Kediri melalui Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi (Nasrudin) serta Operator Sidalih (Danu Prasetyo) dengan seluruh KPU Provinsi dan Kab/Kota, se-Indonesia mengikuti “Rapat Koordinasi Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan dengan KPU Prov dan Kabupaten/ Kota”. Acara yang diadakan oleh KPU RI tersebut dilaksanakan secara daring (dalam jaringan).

Membuka acara, Ilham Saputra Ketua KPU RI menyampaikan harapannya kepada seluruh KPU Kab./Kota dan Provinsi untuk memahami tahapan Pemilihan Tahun 2024 serta mengikuti acara sosialisasi dengan baik, bagaimana aplikasi dapat bekerja sehingga dapat membantu kegiatan kita. “Selain itu saya harapkan untuk tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak agar dapat menghasilkan data secara berkelanjutan,” harapnya.

“Salah satu fokus KPU untuk sementara ini pada data pemilih, yang menurut saya semakin baik dan mutakhir. Untuk itu dalam memutakhirkan data ini alangkah baiknya dilakukan secara berkelanjutan, dan dalam mendukung kegiatan tersebut, perlu adanya dukungan teknologi informasi yang mutakhir” sambung Arief Budiman selaku Anggota Divisi SDM.

Dalam acara sosialisasi tersebut, KPU RI melaunching aplikasi Sidalih Berkelanjutan. Dimana, selama beberapa waktu terakhir ini KPU Kab./Kota masih melaksanakan PDPB secara manual. Sehingga dengan adanya aplikasi tersebut, kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan dapat terlaksana dengan lebih baik lagi. Sebagai informasi aplikasi tersebut hadir dalam dua versi, yaitu aplikasi berbasis online (melalui web browser) dan berbasis offline.

Viryan Aziz selaku Anggota Divisi Data dan Informasi menyampaikan bahwa, “Dengan adanya aplikasi ini, saya berharap kegiatan PDPB dapat terlaksana dengan lancar. Selain itu saya berharap kepada KPU Kab./Kota dan Provinsi dapat mengikuti Bimtek agar dapat memahami lebih lanjut terkait dengan aplikasi Sidalih Berkelanjutan ini”, terang Viryan menutup acara. Dans