KPU Kota Kediri – KPU Provinsi Jawa Timur (Selasa, 14/9/2021) melalui zoom meeting menyelenggarakan “Rapat Koordinasi Penyusunan RKBMN TA. 2023 di Lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota Se Jatim, dengan menghadirkan Tim BMN KPU RI sebagai narasumber dan mengundang seluruh Sekretaris KPU Kab/Kota, Kasubag KUL beserta operator SIMAK BMN. Kegiatan ini sangat penting diselengarakan agar seluruh permasalahan atau kendala terkait usulan RKBMN dan logistik yang dikelola di satker Kab/Kota dapat diinventarisir dan usulan Satker bisa dimonitor dan diklarifikasi langsung oleh Tim BMN KPU RI.

Berdasar data usulan Satker KPU se Jatim yang masuk, hingga saat ini dari 38 satker KPU Kab/Kota yang sudah mengajukan sebanyak 29 satker sehingga masih ada 9 satker yang belum mengajukan. Harapannya dengan rakor ini seluruh satker se Jatim sudah mengajukan usulan semua, ungkap Eddy Hartono selaku Koordinator Keuangan, Umum dan Logistik KPU Provinsi Jatim.

Kemudian Syaiful selaku narasumber KPU RI dalam pengarahannya berpesan, agar KPU Provinsi dan Kab/Kota yang mengajukan usulan RKBMN TA. 2023 diminta untuk cermat dalam mengajukan usulan. “Teman2 satker yang mengajukan usulan, apakah usulan pembangunan/perawatan gedung kantor, gudang, mobil, pengajuan anggaran sewa dan lainnya, agar dilengkapi dan dilampirkan dokumen administrasi pendukung lengkap sebagai pemenuhan,” demikian tegasnya.
Lebih lanjut Syaiful juga ingin mendapatkan informasi terkait kondisi dan status BMN yang dikelola termasuk eks logistik Pemilihan Serentak 2020. Terhadap BMN dan eks logistik yang sudah bisa dilakukan proses penghapusan/lelang melalui penjualan agar segera diproses. Karena prinsip pengelolaan BMN adalah dikelola secara efektif dan efisien, “Sehingga kalo sudah tidak efisien lagi akan menambah biaya perawatan yang semakin tinggi agar segera diproses,” sambung Syaiful.

Selanjutnya agar penyusunan RKBMN TA. 2023 yang usulan dapat terinventarisir dengan baik, dari Tim BMN KPU RI melakukan bintek dan mamandu langsung tata cara penyusunan dan pengisian format usulan RKBMN melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN). Dalam proses Bintek pengisian data usulan ke dalam apilasi SIMAN ini, Tim lansung melakukan crosscek dan klarifikasi yang sudah dikerjakan operator SIMAK BMN Satker. srt