KPU Kota Kediri – Humas Lembaga harus berbicara berdasarkan Data, fakta dan Referensi yang kuat, hal itu yang disampaikan oleh Anita Dasuki presenter salah satu TV swasta di Indonesia saat menyampaikan materi tentang kehumasan pada Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Kehumasan di Lingkungan KPU yang diselenggarakan oleh KPU RI melibatkan KPU provinsi dan KPU Kabupaten Kota se-Indonesia (Rabu, 15 September 2021) secara daring. Adapun KPU Kota Kediri diwakili oleh Wahyudi, Komisioner Divisi SDM Parmas serta Ar. Suryawan Sub Koordinator Teknis dan Hubungan Masyarakat.

Anita Dasuki menjelaskan bahwa Humas KPU sebagai lembaga publik harus berkomunikasi baik kepada semua pihak diantaranya adalah media dengan memberikan informasi yang update dan berdasarkan pada fakta dan data serta referensi. Anita membagi media audio visual dalam tiga kategori yaitu News Chanel, Non News Chanel dan Potral Berita Online, yang kesemuanya memiliki corak yang berbeda. “Bicaralah berdasarkan Data, fakta dan Referensi yang kuat dan siap dibenturkan dengan narasumber lain saat diwawancarai oleh media News chanel “ Ucap Anita Dasuki.

Pada media Non News Chanel anita menyarankan untuk berbicara yang singkat, padat dan jelas karena umumnya TV non berita akan mengutip 20 sampai 30 detik dari ucapan narasumber. Bicara Ringkas, tajam dan penuh arti akan menghindari salah persepsi atau informasi yang dipelintir karena kalimat yang belum selesai. Sementara itu untuk portal berita online anita menyarankan untuk menjelaskan dengan lugas dengan fakta dan referensi yang kuat. “Jangan sampai kalimat setengah-setengah, karena berpotensi dibuat judul bombastis untuk menarik KLIK”

Sementara itu Komisioner KPU RI Raka Dewa Sandi saat memberikan pengarahan mengingatkan kepada KPU Provinsi dan Kabupaten Kota terutama yang membidangi BAKOHUMAS untuk memastikan bahwa Tujuan dari Bakohumas adalah memperlancar arus informasi dari KPU, KPU provinsi dan KPU kabupaten Kota kepada pemangku kepentingan, sehingga Bakohumas harus memaksimalkan penggunaan Media Sosial dan website yang dipunyai untuk peran tersebut. Ars