KPU Kota Kediri – Rabu (15/9/2021) mengikuti sosialisasi Juknis Bakohumas KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang dilaksanakan secara Daring. Hadir sebagai peserta yakni M wahyudi (Divisi SOSdiklih Parmas-SDM KPU Kota Kediri) beserta Sub Koordinator Teknis HUpmas. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut adalah I Dewa Wiarsa Raka Sandi (Divisi Sosdiklih KPU), Robby Leo Agust (Ka. Bag. Hubungan Masyarakat & Informasi Publik) dan Anisha Dasuki (Praktisi Jurnalis Inews)
Kegiatan diikuti oleh KPU Provinsi serta Kabupaten/Kota se-Indonesia tersebut dibuka tepat Jam 13.00 oleh Ilham Saputra (Ketua KPU). Dengan terbitnya Petunjuk teknis Bakohumas KPU, KPU Provinsi, KPU Kab/Kota merupakan bentuk keseriusan jajaran KPU dalam membentuk dan menerapkan koordinasi kehumasan antar stakeholder lembaga negara, tentu kami yang ada di KPU,KPU Prov dan KPU Kabupaten Kota selanjutnya harus menindaklanjuti ” ungkap Ilham Saputra dalam Sambutan pembukanya.

Dikatakan, Humas memiliki peran penting mendukung berjalannya suatu lembaga/institusi pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memberikan informasi secara terbuka, cepat dan akurat kepada publik. “KPU sebagai lembaga negara yang memiliki tugas pokok dan fungsi penyelenggara Pemilu dan Pemilihan, memiliki kewajiban untuk menyampaikan informasi terhadap pelaksanaan seluruh tahapan kepada masyarakat sebagai bentuk pertanggung jawaban. Oleh karena itu berdasarkan Keputusan KPU Nomor 172/HM.02-Kpt/06/III/2021 tentang Badan Koordinasi Kehumasan KPU, maka dibentuklah Badan Koordinasi Kehumasan untuk meningkatkan peranan dan koordinasi kehumasan antara KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kab/ Kota, dalam keputusan tersebut dijelaskan apa saja tugas dari Bakohumas KPU,” pungkasnya. Ars