KPU Kota Kediri – Selasa (21/09) KPU Provinsi Jawa Timur dan Kanwil Kemenag Jawa Timur membangun kolaborasi terkait pemanfaatan data Education Management Information System (EMIS) pendidikan Islam dan pondok pesantren dan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Kolaborasi yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dihadiri oleh Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, Plt. Kepala Kanwil Kemenag Jatim, perwakilan KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur serta perwakilan Kanwil Kemenag Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur, juga dihadiri oleh Divisi Data dan Informasi KPU RI, Viryan Azis. Acara ini diselenggarakan secara luring dan daring.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam menyampaikan bahwa selama ini proses pemutakhiran data pemilih dilakukan saat tahapan pemilu, maka atas dasar itu KPU menggagas bahwa pemutakhiran data pemilih dilakukan secara berkelanjutan. Menanggapi apa yang telah disampaikan Ketua KPU Jatim, Nurul Huda selaku Plt. Kanwil Kemenag Jatim berkomitmen mendukung KPU Jatim demi terwujudnya data pemilih yang valid, bersih, berkualitas dan berkelanjutan, dengan memanfaatkan data EMIS pendidikan islam dan pondok pesantren serta data dari SIMKAH. “Melalui kerja sama ini, saya berharap dapat membantu agar data pemilih semakin akurat dan termutakhir”, ucapnya.

Mewakili KPU Kota Kediri adalah Ketua KPU Kota Kediri (Pusporini Endah Palupi), Divisi Perencanaan, Data dan Infromasi (Nasrudin), Sekretaris (Suroto) dan Sub Koordinator Program dan Data (Annisa Dyah Kusuma). adk/dans