KPU Kota Kediri – Pasca menerima Surat dari Pimpinan DPRD Kota Kediri nomor 171.3/632/411.100/2021 dan 171.3/633/411.100/2021 perihal verifikasi persyaratan calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Kediri dari Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional (PAN), KPU Kota Kediri menggelar Rapat Pleno tindak lanjut pada (Rabu, 13 Oktober 2021) dengan dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris, Kasubbag dan Sub Koordinator.

Sesuai dengan amanah PKPU nomo 9 tahun 2017 pasal 22, bahwa setelah KPU menerima surat dari Ketua DPRD maka KPU melakukan verifikasi terhadap berkas pendukung calon pengganti antar waktu dan dilanjutkan dengan melaksanakan verifikasi hasil perolehan suara sah dan peringkat suara sah serta DCT. “Hasil dari verifikasi tersebut dituangkan dalam Berita Acara hasil pemeriksaan dan penelitian Calon Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD Kota Kediri,” terang Nia Sari divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Kediri yang membawahi PAW. Ditegaskan oleh Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi bahwa KPU Kota Kediri menyampaikan hasil verifikasi terhadap calon Pengganti antar waktu tersebut maksimal 5 hari setelah menerima surat dari Pimpinan DPRD. ” Kita menerima surat dari Pimpinan DPRD tanggal 11 Oktober 2021 sehingga tidak boleh lebih dari 5 hari KPU Kota Kediri harus sudah memberikan hasil verifikasinya kepada Pimpinan dewan, ” demikian ungkap Pusporini.

Dijelaskan oleh Nia Sari, Hasil Rapat Pleno memutuskan bahwa Calon pengganti Antar Waktu dari Partai NasDem dan Partai Amanat Nasional (PAN) dinyatakan memenuhi syarat. “Proses selanjutnya hasil Pleno tersebut kita kirimkan ke Pimpinan DPRD Kota Kediri pada tanggal 14 Oktober ini,” pungkas Nia sari.