KPU Kota Kediri – Menghadirkan perwakilan dari KemenPANRB, KPU provinsi Jawa Timur melalui forum daring, mengundang KPU Kab/Kota se Jatim dalam mensosialisasikan core value ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) hari ini, jum’at (15/10).

Diawal acara dibuka oleh Choirul Anam Ketua KPU Jawa Timur menyampaikan bahwa core value ASN BerAKHLAK tersebut diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 27 Juli 2021 sehingga memang masih baru. “Selain ASN BerAKHLAK, Presiden juga meluncurkan tagline untuk ASN yaitu #banggamelayanibangsa dengan tujuan memperkuat pedoman perilaku bekerja kita semua,” terang Anam. Ditekankan pula oleh Choirul Anam, termasuk Komisioner juga mempunyai tanggung jawab yang sama dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi dan menjadi contoh bagi Sekretariat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komisioner KPU RI Arief Budiman yang mengharapkan bahwa sosialisasi ini memberikan manfaat kepada KPU, menjadikan lembaga KPU lebih baik, sehingga tagline #banggamelayanibangsa #kpumelayani mampu terwujud.

Disambung dengan penyampaian materi dan diskusi dari KemenPANRB yang dimoderatori oleh Suharto (Toto) KPU Prov. Jawa Timur. Materi pertama disampaikan oleh Shellatika Islamiyati, membahas tentang Penguatan Budaya Kerja dan Employer Branding sebagai Bagian dari Strategi Akselerasi Transformasi SDM Aparatur dalam Mendukung Reformasi Birokrasi, dengan mengungkapkan 3 pokok point : Tantangan ASN dalam Mendukung Visi Indonesia Maju, Strategi Akselerasi Transformasi ASN, Penguatan Budaya Kerja dan Employer Branding.

Pemaparan Materi Kedua oleh Rasio Ridho Sani yang mengupas tentang Penguatan Budaya Kerja. Rasio menekankan bahwa Peran Pimpinan sangat penting dalam mewujudkan perilaku BerAKHLAK dalam sebuah lembaga. “Selain Pimpinan, Perilaku ASN juga mencerminkan sebuah Lembaga,” sambung Rasio.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup dengan closing statement dari Rochani Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dengan harapan melalui internalisasi core value ASN BerAKHLAK ini bisa menjadi pilar yang kuat bagi ASN dan mampu mewujudkan dalam tindakan bekerja sehari sehari. nels