KPU Kota Kediri – Komisioner dan Sekretaris KPU Kota Kediri, Selasa (16/11/2021) mengadakan audiensi dengan Pemerintah Kota Kediri dan diterima langsung oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar yang didampingi Asisten, Kepala Barenlitbang dan Kepala Kesbangpol.

Pada pertemuan tersebut Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi menyampaikan beberapa hal penting yang perlu mendapatkan support dan fasilitasi dari Pemkot Kediri terutama untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kota Kediri. Pertama terkait Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kota Kediri.

Pusporini Endah Palupi mengungkapkan, bahwa hampir 3 bulan KPU Kota Kediri telah melakukan kegiatan pembahasan penyusunan Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) Pemilihan Serentak Tahun 2024 dan telah di reviu KPU Prov Jatim. Harapannya Rencana Kebutuhan Biaya Pemilihan Tahun 2024 Kota Kediri yang sudah tersusun ini, menjadi informasi bagi Pemkot Kediri dalam rangka persiapan penganggaran Pemkot Kediri. Pusporini Endah Palupi juga berharap agar dipersiapkan pula, kebutuhan sarana prasarana badan adhoc dan kesekretariatan (komputer, ruang sekretariat, pakaian lapangan). Kemudian untuk kebutuhan KPU Kota Kediri, berharap agar ruang pertemuan dilakukan renovasi atau perbaikan karena atapnya banyak yang sudah lapuk.

Abdullah Abu Bakar menyambut baik audensi ini dan kesiapan yang telah dilakukan KPU Kota Kediri. Pemkot Kediri akan mensupport kebutuhan yang diajukan KPU dan tentunya akan dilakukan koordinasi terus untuk mempersiapkan kebutuhan penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024 di Kota Kediri. Kemudian terkait penganggaran di komponen Alat Pelindung Diri (APD), Abdullah Abu Bakar minta untuk tidak dimasukkan dalam pengajuan anggaran, dan dikomponen kebutuhan APD tersebut akan difasilitasi langsung Pemda. Termasuk untuk perlindungan bagi penyelenggara/ badan adhoc. Pada komponen santunan kecelakaan kerja badan adhoc Walikota Kediri minta agar seluruh petugas penyelenggara dimasukkan ke BBJS ketenagakerjaan, sehingga penyelenggara adhoc lebih terlindungi, demikian tegasnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan hibah mobil dinas dari pemerintah Kota Kediri untuk operasional KPU Kota Kediri. srt