KPU Kota Kediri– Kediri (17/11) KPU Kota Kediri mengkuti “Webinar Penerapan Sirekap Pada Pemilu” yang diselenggarakan oleh KPU RI. Hadir dari KPU Kota Kediri yakni Komisioner KPU Kota Kediri beserta Sub Koordinator Teknis Hupmas. Dibuka tepat Jam 10.00 WIB oleh Ilham Saputra yang mengungkapkan “Sirekap dapat membantu kita para penyelenggara Pemilu dan Pemilihan untuk menciptakan transparansi hasil Pemilu dan Pemilihan kepada publik untuk diakses oleh masyarakat luas, dengan Sirekap informasi proses perhitungan suara menjadi lebih cepat.”

webinar kali ini menghadirkan 2 narasumber yakni Harsanto Nursadi, Pakar Hukum dan Ramlan Surbakti, Pakar Kepemiluan dengan moderator Titi Anggraini dari Cetro. Pada sambutan pengantar, Evi Novida Ginting Manik, Anggota KPU RI menekankan urgensi dalam penggunaan teknologi informasi semacam Sirekap. “Penggunaan teknologi merupakan suatu tantangan bagi KPU dalam mempersiapkan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024,
Sebagai Narasumber pertama, Harsanto Nursadi banyak menitikberatkan pada persoalan Hukum Administrasi Negara dalam penerapan SIREKAP”, Menurutnya, proses Sirekap adalah termasuk dalam tindakan administrasi pemerintahan. Ia menyarankan kepada masyarakat maupun KPU untuk tidak takut dalam menggunakan teknologi Sirekap dalam proses rekapitulasi dikarenakan Sirekap dapat menopang 3 akuntabilitas diantaranya adalah pertanggungjawaban hukum, pertanggungjawaban moral, dan pertanggungjawaban yang terhitung.

Sedangkan, Ramlan Subakti dalam paparannya mengungkapkan penggunaan teknologi dalam Pemilu jangan sampai menghilangkan hal-hal baik yang sudah menjadi capaian dan best practice nya KPU namun dalam usaha peningkatan kepercayaan dan kredibilitas terhadap penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Teknologi seperti Sirekap menurutnya dapat membantu menjaga dari manipulasi, mempercepat masyarakat untuk mengetahui dan mengawal hasil Pemilu, dan profesionalisme penyelenggara menjadi semakin terbangun.

Kegiatan webinar yang diikuti oleh komisioner KPU Seluruh Indonesia tersebut kemudian ditutup oleh closing statement dari Evi Novida Ginting, pemanfaatan teknologi dalam rekapitulasi adalah hal yang mendesak dan sangat dibutuhkan agar dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan dapat berjalan dengan mudah, murah, cepat, transparan, akuntabel, dan efisien. ars