KPU Kota Kediri- KPU RI menyelenggarakan Sosialisasi dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip. Acara diselenggarakan secara daring dan luring pada hari Senin s/d Rabu, 22 s/d 24 November 2021. Ermawanto Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kota Kediri mengikuti acara secara daring.

Acara diawali laporan oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal KPU RI Purwoto Ruslan Hidayat dalam laporannya menyampaikan saat ini fungsi arsip sangatlah penting dalam perjalanan organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta, arsip sangat berperan penting dalam berkehidupan bangsa dan bernegara, karena arsip berfungsi sebagai rekam jejak. Seluruh unsur di Lingkungan KPU harus ikut menata dan mengelola kearsipan secara baik dan benar. Arsip KPU yaitu arsip kesekretariatan dan kepemiluan. Untuk mewujudkan tertib pengelolaan arsip sebagai dokumen yang penting perlu dipersiapkan SDM dan anggaran dalam pengelolaan arsip.

Berikutnya sambutan kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan KPU sudah menyelamatkan dan menyerahkan arsip bersejarah sebanyak 10 kali ke ANRI. ANRI mampu mengelola arsip yang umurnya ratusan tahun yg lalu, arsip tahun 1602 adalah arsip yg tertua di ANRI. Acara dibuka oleh Ketua KPU RI Ilham Saputra dalam sambutannya menyampaikan kearsipan KPU lebih akurat dan lebih baik, bagaimana menyimpan arsip, bagaimana membuktikan arsip dan bagaimana bisa menjadi parameter pekerjaan kita, arsip banyak menyimpan data dan informasi. Harapan Ketua KPU dengan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip yang dicanangkan oleh ANRI menjadi start KPU dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, kepercayaan, akuntabel dan transparan.ww